Follow Us

3 Cara Refleksi Diri ala Muslim Pro, Bisa Jadi Resolusi Tahun 2022

Wulan - Rabu, 29 Desember 2021 | 14:00
Aplikasi Muslim Pro
Dok. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro

CERDASBELANJA.ID – Tinggal menghitung hari sampai tahun 2021 akan berakhir. Tahun yang bagi banyak orang mungkin terasa berat, mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum begitu membaik.

Meski demikian, 2021 pastinya memberikan banyak pelajaran yang berharga. Salah satunya, adalah tumbuhnya kesadaran akan pentingnya teknologi.

Di era pandemi ini, peran teknologi semakin terasa besar. Pasalnya, lewat teknologi, umat dapat tetap menjaga persatuan meski jarak dan peraturan membatasi.

Menariknya, teknologi juga membuka jalan bagi umat untuk beribadah bersama di era pandemi ini. Salah satu caranya adalah melalui Muslim Pro, sebuah aplikasi seluler yang menawarkan berbagai macam fitur keagamaan, gaya hidup, dan tentunya, komunitas.

Lewat Muslim Pro, banyak kegiatan keagamaan yang bisa dilakukan bersama meski lewat gawai.

Menjelang pergantian tahun, Muslim Pro bersama dengan Ustaz Syam Elmarussy mengajak kita untuk merefleksikan apa yang terjadi di 2021, demi mempersiapkan diri sebelum memasuki tahun 2022.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menyambut tahun 2022 yang lebih baik.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Garansi Shopee, Antisipasi Pesanan Tidak Sesuai Ekspektasi

1. Refleksi Pangkal Motivasi

Menurut Ustaz Syam, berkaca dan merefleksikan diri jauh lebih penting daripada membandingkan diri dengan orang lain. Lewat refleksi diri, kita dapat meningkatkan kesadaran diri dan mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki.

Hanya melalui refleksi diri, kita bisa mengembangkan diri dan mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan refleksi diri. Hal pertama, adalah dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan pribadi seperti, “Apa penyesalan dan ketakutan terbesar yang terjadi dan dirasakan di 2021?” dan “Bagaimana cara untuk melepaskan penyesalan tersebut?”

Lewat pertanyaan-pertanyaan itu, kita dapat mengetahui apa saja yang menahan kita untuk menjadi lebih baik. Selain itu, kita juga bisa memilih metode lain seperti bermeditasi atau berolahraga. Aktivitas seperti itu, dapat membantu untuk berefleksi. Pada akhirnya, kita bisa mendapatkan motivasi untuk menyongsong 2022.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest