Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Resmi Jadi Unicorn Baru di Indonesia

Wulan - Selasa, 28 Desember 2021 | 13:00
Kopi Kenangan berhasil jadi unicorn baru di Indonesia
instagram.com/kopikenangan.id

Kopi Kenangan berhasil jadi unicorn baru di Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Jaringan makanan dan minuman (F&B) Kopi Kenangan, resmi mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD96 juta, atau sekitar Rp1,3 triliun.

Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan Kopi Kenangan kini menembus USD1 miliar (sekitar Rp14,2 triliun) dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan new retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C ini, dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini, diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi.

Termasuk dari beberapa portofolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari 2x lipat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Resmi IPO, Bukalapak Jadi Unicorn Pertama yang Melantai di Bursa Saham

Hal ini, berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat.

Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Melalui pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi brand Cerita Roti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya, hingga merambah pasar internasional.

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, pihaknya merasa terhormat dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Dukungan dari para investornya, baik mereka yang telah mendukung sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi Kopi Kenangan untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai. Khususnya, dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x