Follow Us

4 Cara Pilih P2P Lending Bagi Pendana Pemula, Bisa Jadi Passive Income

Wulan - Senin, 27 Desember 2021 | 21:00
Financial Planner Annisa Aprilia
Dok. Amartha

Financial Planner Annisa Aprilia

CERDASBELANJA.ID – Para investor pasti sudah tidak asing dengan instrumen investasi Peer-to-Peer (P2P) lending.

P2P lending, adalah metode memberikan pinjaman uang kepada individu dan/atau bisnis, serta sebaliknya.

Dapat dikatakan, metode P2P lending mengajukan pinjaman untuk keperluan individu atau bisnis. Pada intinya, P2P lending akan menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara online.

Melalui P2P lending, setiap orang bisa memberi atau mengajukan pinjaman untuk berbagai tujuan, tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan.

Adapun orang yang meminjamkan uangnya di P2P lending disebut sebagai pendana (lender). Tidak harus punya uang banyak, kita pun bisa menjadi lender di P2P lending.

Namun sebelum berinvestasi, kita perlu memahami dulu bagaimana cara pilih P2P lending yang aman. Financial Planner Annisa Aprilia, membagikan beberapa cara pilih P2P lending yang aman bagi investor pemula.

Baca Juga: Investasi Lewat Metode Pinjaman, Kenali Apa Itu Sistem P2P Lending

1. Periksa Legalitas

Cara pilih P2P lending yang aman pertama, adalah periksa legalitas platform P2P lending yang akan kita gunakan untuk berinvestasi.

Kita bisa mengecek legalitas dan izin usaha P2P lending di situs web Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK juga sering kali memberikan daftar P2P lending ilegal yang bisa dihindari.

“Untuk mempermudah saat bertanya, kini OJK sudah punya hotline call khusus yang bisa kita gunakan untuk bertanya langsung,” ujar Annisa.

2. Perhatikan TKB90 P2P Lending

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest