Follow Us

Satu Kasus Terkonfirmasi, Begini Strategi Kemenkes Deteksi Covid-19 Varian Omicron di Indonesia

Wulan - Jumat, 17 Desember 2021 | 09:00
(Ilustrasi) Varian Omicron terdeteksi di Indonesia
Pixabay.com

(Ilustrasi) Varian Omicron terdeteksi di Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan telah mendeteksi kasus pertama virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Hal ini, disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

Budi menjelaskan, seorang pasien berinisial ‘N’ terkonfirmasi Omicron. Pasien tersebut, adalah petugas kebersihan di rumah sakit Wisma Atlet.

Budi melanjutkan, di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron.

Kelima kasus tersebut belum pasti Omicron, tetapi karena Kemenkes melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus (S-gene target failure/SGTF), Kemenkes mendeteksi ada 5 kasus yang probable Omicron.

Budi menjelaskan 2 kasus di antaranya, adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini, sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet.

Baca Juga: Waspada! Kemenkes Deteksi Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia

Sementara itu, 3 kasus probable Omicron lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado.

Menanggapi kasus pertama Covid-19 varian Omicron ini, Kemenkes mengambil beberapa langkah strategis untuk mendeteksi Omicron di Indonesia.

“Karena saat ini tidak terlalu banyak kasus konfirmasi positif Covid-19, mungkin dalam sehari ada 200-300 kasus, maka kami sudah meningkatkan persentase yang di whole genome sequencing (WGS) dari seluruh kasus konfirmasi yang terjadi,” ujar Budi, Kamis (16/12).

Menurut Budi, biasanya Kemenkes melakukan pemeriksaan WGS dengan persetase sebesar 5% terhadap seluruh kasus konfirmasi positif,

“Saat ini, rencananya kami akan menaikkan persentase (pemeriksaan WGS) jadi 10% untuk seluruh kasus konfirmasi Covid-19,” lanjut Budi.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest