Follow Us

Waspada! Kemenkes Deteksi Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia

Wulan - Kamis, 16 Desember 2021 | 11:50
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
YouTube Kemenkes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan telah mendeteksi kasus pertama virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Hal ini, disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

“Kemenkes tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien berinisial ‘N’ terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember,” ujar Budi, Kamis (16/12).

Budi menjelaskan, data pasien sudah dikonfirmasikan GISAID dan GISAID juga sudah mengonfirmasikan kembali, bahwa memang data ini adalah sequencing Omicron.

Ia melanjutkan, pasien ‘N’ ini adalah pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet. Pada tanggal 8 Desember sampelnya diambil secara rutin oleh tim dari Wisma Atlet, lalu dikirimkan ke Kemenkes untuk dilakukan whole genome sequencing (WGS).

Kemenkes menerima sampel tersebut pada tanggal 10 Desember, dan dilihat bahwa ada 3 pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet yang positif PCR-nya. Namun, pasien yang terkonfirmasi Omicron ada 1 orang.

Baca Juga: Yayasan Wings Peduli Dirikan Dapur Umum, Dukung Pemulihan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Menurut Budi, ketiga orang ini tidak memiliki gejala, mereka bertiga juga sudah dites PCR kembali. Pasalnya, PCR sebelumnya dilakukan tanggal 8. Pada tes PCR kedua ini, hasilnya menunjukkan mereka sudah negatif.

“Ketiga pasien ini, ada di karantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka juga sudah diambil PCR ke-2 nya dan hasil tes PCR-nya semuanya negatif,” jelas Budi.

Di sisi lain, di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron.

Kelima kasus tersebut belum pasti Omicron, tetapi karena Kemenkes melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus (S-gene target failure/SGTF), Kemenkes mendeteksi ada 5 kasus yang probable Omicron.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest