CERDASBELANJA.ID – Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi lebih dari 11 juta UMKM lokal dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.
Termasuk pengguna sistem operasi seluler Android dan iOS untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan harian di tengah pandemi.
Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia.
Contohnya, Rico Harisin dan Tonito selaku Head of Engineering Tokopedia, dua Nakama yang terlibat dalam proses pengembangan aplikasi Tokopedia dari nol.
1. Berbagai Inovasi untuk Pengguna Android
Rico yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi Android Tokopedia mengatakan, pihaknya melihat perilaku pengguna dalam berbelanja.
“Di antaranya dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning, serta teknologi manajemen data untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan masing-masing pengguna,” ujar Rico, Kamis (16/12).
Berkat kolaborasi dari Rico dan tim, pengguna Android dapat memanfaatkan berbagai fitur menarik.
Misalnya seperti Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant, hingga NFC yang memungkinkan pengguna bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik, dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.
Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Rico dan tim juga menghadirkan teknologi Picture in Picture.
Teknologi Picture in Picture ini bisa memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY, sambil berbelanja di platform Tokopedia di saat yang bersamaan.