Follow Us

Tren Pariwisata Mulai Pulih, Zurich Optimistis Asuransi Perjalanan Membaik di Tahun 2022

Wulan - Rabu, 15 Desember 2021 | 12:00
Ilustrasi asuransi Zurich
instagram.com/zurichasuransiindonesia

Ilustrasi asuransi Zurich

CERDASBELANJA.ID – Industri pariwisata Indonesia perlahan mulai memperlihatkan pemulihan.

Hal ini, terlihat dari naiknya animo masyarakat untuk bepergian. Data Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) mencatat, ada kenaikan hingga 40% pada pemesanan perjalanan oleh wisatawan lokal atau 2x lipat, dibandingkan dengan sebelum pembatasan mobilisasi dilonggarkan.

Meski mulai pulih, tren pariwisata telah mengalami perubahan jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedi menjelaskan, tren pariwisata telah berganti sejak pandemi Covid-19.

Salah satunya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengedepankan aspek kualitas di atas kuantitas dalam sektor pariwisata, atau quality tourism dan bukan quantity tourism.

“Peningkatan protokol kesehatan dan asuransi, menjadi jawaban akan hal tersebut. Asuransi berperan penting dalam keadaan apa pun, sehingga perlu untuk mengembangkan asuransi perjalanan yang lengkap, baik untuk perjalanan individu maupun berkelompok,” ujar Didien dalam diskusi virtual, dikutip Senin (13/12).

Baca Juga: Promo 12.12 Fuse Insurtech, Cerdas Beli Asuransi Hemat Sampai 25%

Melalui aspek keamanan yang semakin menjadi prioritas, permintaan akan asuransi perjalanan dengan proteksi lebih pun ikut meningkat.

Asuransi perjalanan, dinilai memberikan rasa aman dan percaya diri dalam menghadapi risiko di tengah kondisi pandemi yang tidak menentu.

Chief Technical Officer Zurich Asuransi Indonesia Rismauli Silaban mengatakan, memulihnya tren bepergian harus disertakan dengan perlindungan lebih, agar masyarakat dapat bepergian dengan lebih tenang, tanpa harus mengkhawatirkan risiko yang mungkin dihadapi.

“Di sinilah asuransi perjalanan memainkan peran pentingnya dalam memberikan masyarakat perasaan aman dan nyaman, sejak mulai dari persiapan perjalanan hingga sampai di tujuan,” kata Rismauli.

Rismauli menambahkan, Zurich Asuransi Indonesia siap menyediakan solusi perlindungan perjalanan yang komprehensif, dengan mengedepankan kebutuhan nasabah.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest