Follow Us

Dorong Daya Saing UMKM, Tokopedia dan Kemenkop UKM Tandatangani MoU

Wulan - Jumat, 05 November 2021 | 18:00
Tokopedia tandatangani MoU dengan Kemenkop RI untuk digitalisasi warung.
Dok. Tokopedia

Tokopedia tandatangani MoU dengan Kemenkop RI untuk digitalisasi warung.

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Kerja sama antara Tokopedia dan Kemenkop UKM ini, dilakukan guna mengusung program Digitalisasi Warung.

Tidak hanya itu, kerja sama ini pun bertujuan untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal, khususnya usaha tradisional, melalui Mitra Tokopedia.

Melalui PKS ini, Mitra Tokopedia akan melakukan pembinaan pegiat usaha tradisional yang tergabung dalam program Digitalisasi Warung.

Nantinya, Tokopedia akan menghadirkan pendampingan meliputi cara membuka toko, pemasaran produk, dan cara mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dengan demikian, para mitra bisa lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah, serta mendapat perlindungan hukum terhadap usaha.

Baca Juga: Makin Untung, Kini Pengguna Gojek dan Tokopedia Bisa Sambung Akun dan Dapat Gopay Coins!

Untuk meninjau kondisi di lapangan, ada beberapa perwakilan Kemenkop yang melakukan kunjungan ke salah satu warung tradisional binaan Mitra Tokopedia.

Beberapa perwakilan ini, adalah Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya dan Asisten Deputi Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarmo.

Kunjungan ini, juga didampingi oleh Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni, serta AVP New Retail Tokopedia John Hadiwidjaja.

Survei Tokopedia mengenai dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021 mencatat, sekitar 80% pegiat usaha tradisional menjadikan Mitra Tokopedia berperan sebagai usaha tambahan.

Khususnya, untuk membantu situasi finansial mereka selama pandemi. Beberapa pegiat usaha tradisional ini, misalnya seperti pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest