Follow Us

Para Investor Pemula, Kenali Jenis-jenis Investasi yang Bisa Dicoba

Wulan - Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:30
Ilustrasi proses investasi
iStockphoto

Ilustrasi proses investasi

CERDASBELANJA.ID – Investasi dapat memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang mengartikan sebagai kegiatan menyimpan uang untuk meraih keuntungan.

Meski begitu, buat pemula wajib tahu bagaimana proses investasi dan berbagai risikonya. Ini karena, setiap investasi biasanya memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan, serta meningkatkan nilai dari waktu ke waktu.

Investasi dapat mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan, untuk menghasilkan pendapatan di masa depan, termasuk obligasi, saham, properti real estat, atau bisnis lainnya.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu, Kenali Proses Investasi dan Berbagai Risikonya

Ada banyak jenis-jenis investasi, dengan tingkat risiko yang berbeda pula. Tidak hanya antar instrumen, investasi pada instrumen yang sama pun memiliki risiko yang bervariasi.

Tidak heran, banyak investor yang berhati-hati saat memilih instrumen investasi dan produk yang akan dibeli untuk meminimalkan kerugian.

Bagi pemula, tentu masih bingung apa saja jenis-jenis investasi yang bisa dicoba. Berikut adalah sejumlah jenis-jenis investasi yang patut kita coba!

1. Investasi Reksa Dana

Jenis investasi pertama yang bisa dicoba, adalah reksa dana. Reksa dana, adalah paket investasi yang terdiri atas berbagai aset seperti deposito, obligasi, dan saham yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi.

Saat membeli reksa dana, maka kita menjadi pemilik unit dan dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga unit.

Reksa dana terdiri atas 4 jenis, yaitu reksa dana pasar uang, obligasi, saham, dan campuran. Jadi, kita bisa lebih fleksibel dalam memilih jenis investasi berdasarkan jangka waktu dan profil risiko yang kita miliki.

Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Pakai Koin Shopee, Bisa Lebih Untung

Halaman Selanjutnya

2. Investasi Deposito
1 2 3

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest