Follow Us

Pemula Wajib Tahu, Kenali Proses Investasi dan Berbagai Risikonya

Wulan - Senin, 28 Desember 2020 | 18:00
Ilustrasi investasi.

Ilustrasi investasi.

CERDASBELANJA.ID – Investasi dapat memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang mengartikan sebagai kegiatan menyimpan uang untuk meraih keuntungan.

Meski begitu, buat pemula wajib tahu dan kenali proses investasi dan berbagai risikonya.

Karena setiap investasi biasanya memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Menarik! Tips Investasi ala Ayu Ting Ting, Tak Akan Turun Harganya

Investasi juga bisa diartikan sebagai aset atau barang yang dibeli dengan harapan akan menghasilkan pendapatan atau menghargai nilainya di masa depan.

Investasi dapat mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan, termasuk obligasi, saham, properti real estat, atau bisnis lainnya.

Dikarenakan investasi berorientasi pada potensi pertumbuhan atau pendapatan di masa depan, tentunya akan selalu ada tingkat risiko tertentu yang terikat dengan kegiatan investasi.

Ini karena, investasi mungkin saja tidak akan menghasilkan pendapatan apa pun di masa depan, atau mungkin benar-benar kehilangan nilainya seiring waktu.

Sebagai contoh, terdapat kemungkinan kita akan berinvestasi di perusahaan yang akhirnya bangkrut, atau berinvestasi pada proyek yang gagal dijalankan.

Di dalam melakukan investasi, tentunya para investor akan mendapatkan banyak keuntungan.

Baca Juga: Tips Investasi Untuk Pemula, Kenali Dulu Jenis-Jenis Reksa Dana

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pada saat berinvestasi adalah sebagai berikut.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest