Follow Us

Omzet Turun Saat Pandemi, Mitufaya Sukses dengan Buka Toko Offline

Wulan - Selasa, 05 Oktober 2021 | 15:00
MIla, pemilik UMKM Mitufaya
Dok. Youtap

MIla, pemilik UMKM Mitufaya

CERDASBELANJA.ID – Ulet dan berani mengambil keputusan cocok untuk menggambarkan sifat Mila, pemilik usaha make up dan skincare asal Malang, Jawa Timur bernama Mitufaya.

Mitufaya merupakan satu dari jutaan UMKM lokal yang terpukul oleh pandemi. Namun, Mila bersama suaminya, Taufiq, enggan berputus asa.

Keduanya memutar otak, menyesuaikan strategi dengan perubahan tren pasar, dan bahkan mampu memperluas skala bisnisnya dari hanya berbasis online hingga membuka toko offline di tengah pandemi.

Baca Juga: Terhambat Pandemi, UMKM Lokal Manfaatkan Mitra Shopee untuk Usaha

Berkat kegigihannya, kini Mitufaya bisa mencatat 5.000 sampai 10.000 transaksi setiap bulannya.

Bermula di akhir 2018, perjalanan bisnis Mitufaya awalnya didorong oleh kesulitan ekonomi yang mendesak. Kala itu, ayah Taufiq tengah menderita penyakit, sehingga keuangan keluarga pun menjadi sulit.

Berbekal pengalaman dan kegemarannya berjualan sejak SMA, Mila dan Taufiq yang waktu itu masih duduk di bangku kuliah pun mengambil inisiatif untuk memulai bisnis make up berbasis online.

Sejak awal, Mitufaya menerima sambutan baik dari pelanggannya yang kebanyakan merupakan mahasiswa. Bahkan, Mila juga mampu melakukan ekspansi bisnis hingga menjangkau pembeli di luar Malang.

Pada awal 2020, Mila mulai menyiapkan strategi untuk memperluas pasarnya ke ibukota dengan menggandeng sejumlah influencer di media sosial.

Namun siapa sangka, pada saat bersamaan, pandemi Covid-19 mulai memukul dan mengubah keadaan. Mila bercerita, saat pandemi melanda ia dan suaminya hampir tidak memiliki pemasukan sama sekali selama satu bulan.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis untuk Pemula ala UMKM Mitra Shopee, Wajib Coba!

Usaha online mereka, hanya cukup untuk menutup keperluan operasional, termasuk listrik rumah, internet, dan gaji karyawan, sedangkan untuk konsumsi pribadi justru tidak ada.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest