Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Cara Belanja Pakai Kurir COD dan Pelajari Juga Pola Transaksinya

Dini - Kamis, 08 Juli 2021 | 19:30
Ilustrasi pengiriman paket.
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Ilustrasi pengiriman paket.

CERDASBELANJA.ID – Belanja online pakai sistem cash on delivery (COD) memang populer belakangan ini.

Sayangnya yang viral soal masalah yang terjadi antara kurir COD dan pembeli.

Untuk itu, kita harus pahami dulu cara belanja pakai kurir COD yang benar.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Opsi Pengiriman Kurir Rekomendasi, Lebih Mudah

Kita juga harus tahu pola transaksi belanja pakai kurir COD di setiap marketplace.

Soalnya pola transaksi kurir COD kadang berbeda.

Blibli dan Shopee misalnya, menerapkan aturan bahwa pembeli tak bisa membongkar kemasan sebelum membayarnya lebih dulu kepada kurir.

Hal itu kerap menimbulkan komplain dari pembeli yang menolak bayar karena pesanan tak sesuai.

Jadi apa yang harus dilakukan pembeli jika ingin komplain?

Rupanya, meski meminta pembeli membayar dulu barang yang dibeli lewat kurir, marketplace tetap memberi ruang kepada pembeli yang akan komplain jika barang pesanannya tak sesuai.

Baca Juga: Si Cepat Ekspress Tolak Mediasi atas Kasus Kurir COD Diancam Senjata

Caranya dengan menuliskan komplain pada fitur yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Seperti dikutip dari Kompas.com, marketplace tetap melindungi hak pembeli dengan tidak meneruskan uang yang sudah dibayarkan ke penjual tanpa persetujuan pembeli.

Bahkan jika komplain diterima, pembeli akan menerima kembali uang yang dibayarkan atau mendapat barang pengganti.

Jika kesepakatan tidak tercapai antara penjual dan pembeli, maka customer care dari marketplace akan menginvestigasi keluhan konsumen.

Tentu saja akan diambil jalan keluar seadil mungkin sesuai aturan di marketplace.

Agar tak bermasalah, berikut ini cara belanja online pakai kurir COD:

Baca Juga: Viral, Penerima Paket COD Marahi Kurir, Ini Penjelasan Kedua Pihak

  • Pastikan membeli dari toko yang terpercaya.
  • Bertanya kepada penjual soal produk yang akan dibeli sebelum transaksi.
  • Lihat ulasan produk dan ulasan toko untuk memastikan kredibilitas penjual.
  • Cek kembali barang belanjaan sebelum checkout, bisa jadi kita sebagai pembeli yang salah pilih.
  • Siapkan pembayaran sesuai jumlah tagihan untuk memudahkan kurir.
  • Buatlah foto dan video unboxing saat membuka paket sebagai bukti bila ternyata isi paket tidak sesuai pesanan.
  • Bila ada ketidaksesuaian paket dalam pesanan, segera mengajukan komplain langsung ke penjual. (*)

Source : Tabloid Nova

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x