Follow Us

Pemerintah Resmi Luncurkan SBR010, Bisa Dibeli Mulai Rp1 Juta

Wulan - Selasa, 22 Juni 2021 | 15:00
Kemenkeu meluncurkan SBR010
Dok. Kemenkeu

Kemenkeu meluncurkan SBR010

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), resmi membuka masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri SBR010.

Peluncuran SBR010 kali ini, mengusung tema “Pilihan Berharga Untuk Tumbuh Bersama”. SBR010 secara resmi diluncurkan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman.

Sebagaimana diketahui, SBN untuk investor ritel adalah produk investasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dan dijual kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI) melalui agen penjual.

Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Online di Tanamduit, Dapat Bonus 25%

SBN ritel ini terdiri atas dua jenis, yaitu konvensional dan syariah. Untuk SBN konvensional dikenal dengan Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR).

Sementara itu, untuk jenis syariah adalah Sukuk Negara Ritel (SR) dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Penerbitan SBN Ritel pada tahun 2021, dapat menjadi alternatif investasi yang aman dan menguntungkan di tengah kondisi pandemi ini.

Pemerintah berharap, seri SBR010 ini bisa menjadi salah satu pilihan berharga bagi masyarakat dalam berinvestasi.

Apalagi, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh kita sendiri, tetapi juga untuk masyarakat luas karena dananya akan langsung digunakan sebagai sumber pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Seri SBR010 merupakan Surat Utang Negara (SUN) ritel kedua yang ditawarkan kepada masyarakat, dari total tiga seri SUN ritel yang direncanakan untuk diterbitkan sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Cara Investasi di Obligasi agar Untung, Investor Pemula Wajib Tahu

Adapun masa penawaran SBR010 dibuka pada 21 Juni 2021 pukul 09.00, lalu akan ditutup pada 15 Juli 2021 pukul 10.00.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest