Follow Us

Cara Investasi di Obligasi agar Untung, Investor Pemula Wajib Tahu

Wulan - Selasa, 09 Maret 2021 | 22:00
Cara Investasi di Obligasi agar Untung, Investor Pemula Wajib Tahu
Freepik.com

Cara Investasi di Obligasi agar Untung, Investor Pemula Wajib Tahu

CERDASBELANJA.ID – Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan.

Obligasi adalah surat utang berisi perjanjian dari pihak yang menerbitkan Efek, untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu.

Obligasi juga berisi perjanjian untuk melunasi pokok utang, pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Baca Juga: Banyak Diterbitkan, Kenali Apa Itu Instrumen Investasi Obligasi

Obligasi ini merupakan salah satu investasi Efek berpendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil.

Meski obligasi kerap dianggap sebagai instrumen investasi yang aman, tetapi kita tetap perlu waspada terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Sebelum berinvestasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar investasi di obligasi bisa semakin menguntungkan, yaitu sebagai berikut.

1. Atur Strategi

Cara berinvestasi di obligasi agar untung yang pertama adalah mengatur strategi. Pada saat berinvestasi, kita perlu menentukan strategi yang jelas. Termasuk tujuan dan pertimbangan risiko lainnya.

Hal ini dapat membuat strategi yang tepat untuk dilakukan saat berinvestasi. Di dalam strategi ini, kita bisa menentukan akan berinvestasi pada obligasi apa, berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan, bagaimana manajemen risiko, pajak, besaran kupon dan sebagainya.

Sesuaikan jumlah uang yang akan diinvestasikan dalam obligasi dan dalam instrumen investasi lain. Pastikan kita menggunakan uang dingin yang khusus digunakan untuk berinvestasi.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Obligasi, Ada yang Dijual Negara dan Swasta

1 2 3

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest