CERDASBELANJA.ID – Ada banyak cara yang dilakukan untuk menggerakkan lagi geliat bisnis di masa pandemi.
Seperti yang dilakukan Traveloka, yang menggelar Crazy Sale Surabaya beberapa waktu lalu.
Boleh dibilang Traveloka cukup sukses gelar Crazy Sale Surabaya.
Baca Juga: Promo Belanja Online Traveloka, Staycation Seru Akhir Pekan Diskon 30%
Sebab, selama masa promo terjadi peningkatan traffic di Traveloka.
Bahkan terjadi peningkatan transaksi sebesar 3 kali lipat di Traveloka untuk beberapa kategori yang masuk dalam promosi.
Asal tahu saja, Crazy Sale Surabaya digelar Traveloka pada 27 Mei-6 Juni 2021.
Program Crazy Sale Surabaya diselenggarakan oleh Traveloka Xperience, salah satu unit bisnis Traveloka.
Tujuannya membantu para mitra Xperience di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Lombok dalam menggerakkan geliat bisnisnya di tengah pandemi.
Selain itu, program ini juga diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Surabaya yang ke-728.
Baca Juga: Promo Traveloka Eats, Makan Hemat dengan Diskon Eats Delivery 40%
Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience menyebut Crazy Sale Surabaya merupakan komitmen Traveloka untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Khususnya untuk sektor gaya hidup.
Traveloka melihat selama pandemi, banyak sekali bisnis para mitra, khususnya UMKM, mengalami kesulitan untuk bertahan dan bahkan terhenti untuk sementara.
“Kami senang melihat antusias konsumen dalam mengikuti program ini,”kata Terry.
Program tersebut memberikan dampak positif terhadap lebih dari 1.200 pekerja industri di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Lombok.
“Kami juga terus secara konsisten menggalakkan penerapan protokol CHSE yang ketat kepada konsumen, yang ingin menikmati aktivitas gaya hidupnya,” tambah Terry.
Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Covid-19 Gratis di Traveloka, Catat Tanggalnya!
Program promo ini menggandeng lebih dari 280 mitra lokal dari kategori Atraksi, Hiburan, Spa & Kecantikan, Olahraga, Taman Bermain, Tur, dan Tes COVID-19.
Traveloka Crazy Sale Surabaya sukses meningkatkan traffic hingga 4 kali lipat selama periode promosi.
Bahkan terjadi peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat untuk produk Atraksi, Tes COVID-19, serta Spa & Kecantikan, di mana ini jadi transaksi tertinggi per hari nya sejak pandemi.
Ir. Antiek Sugiharti, M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Traveloka Xperience.
Program Crazy Sale Surabaya berkontribusi positif dalam membangkitkan sektor pariwisata lokal di Kota Surabaya.
“Pariwisata salah satu sektor paling terdampak pandemi COVID-19, mengakibatkan banyak pelaku usaha di sektor ini gulung tikar atau banting setir,” kata Antiek.
Baca Juga: Promo Traveloka Epic Sale, Diskon 80% Booking Vila dan Apartemen
Untuk itu Pemerintah Kota Surabaya telah mengoptimalkan potensi wisatawan nusantara atau wisatawan lokal di sekitar daerah Daya Tarik Wisata (DTW).
Selain itu mengeksplorasi aktivitas menarik di dalam kota, tentunya sambil tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan.
“Kami berharap pariwisata lokal bangkit kembali sehingga dapat membantu perekonomian pekerja pariwisata, khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya,” tambah Antiek.
Selama periode Traveloka Crazy Sale Surabaya berlangsung, terdapat beberapa produk yang paling banyak dipesan konsumen
Yaitu Laboratorium Klinik Naraya di Surabaya untuk pemesanan Tes COVID-19, Emdee Skin Clinic Surabaya, Taman Safari Indonesia Prigen, serta Atraksi di Jatim Park Group.
Produk tersebut mengalami peningkatan permintaan yang sangat signifikan, mencapai hingga 300% dibandingkan periode pertengahan April hingga pertengahan Mei 2021. (*)