Follow Us

Cara Singkat Capai Kebebasan Finansial, Cukup dengan 5 Langkah Mudah

Wulan - Rabu, 31 Maret 2021 | 18:00
Cara Singkat Mencapai Kebebasan Finansial, Cukup 5 Langkah Mudah
iStockphoto

Cara Singkat Mencapai Kebebasan Finansial, Cukup 5 Langkah Mudah

CERDASBELANJA.ID – Bebas secara finansial merupakan harapan dan tujuan dari sebagian besar orang.

Lead Financial Trainer QM Financial, Ligwina Hananto menjelaskan, kebebasan finansial berarti kita memiliki aset aktif yang menghasilkan lebih besar dari pengeluaran bulanan kita dan tujuan finansial tercapai.

Ligwina menjelaskan, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memupuk Karier dari Penghasilan

Menurut Ligwina, apa pun pilihan pekerjaan yang kita ambil, baik itu menjadi karyawan, punya bisnis sendiri, atau freelancing semua ini perlu dibangun menjadi karier yang terus berkembang.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar penghasilan bisa semakin besar. Jadi, kita tidak hanya mengandalkan investasi, tetapi juga penghasilan yang terus meningkat.

“Jadi, jangan anggap remeh pekerjaan kita hari ini,” ujar Ligwina dikutip dalam diskusi virtual, Selasa (30/3).

2. Menghitung Pengeluaran

Kita perlu menghitung pengeluaran bulanan secara terperinci, mulai dari cicilan utang, pengeluaran rutin, menabung atau investasi, sosial, serta pengeluaran pribadi atau lifestyle.

Ligwina juga merekomendasikan beberapa batasan pengeluaran untuk masing-masing kategori. Untuk cicilan utang maksimal 30%, pengeluaran rutin 40%-60%, menabung minimal 10%, sosial minimal 2,5%, serta pengeluaran pribadi maksimal 20%.

Penghitungan ini dilakukan untuk mempermudah kita dalam melihat rasio keuangan, apakah sehat atau tidak sehat. Hal ini bisa dilihat dari rasio utang yang tidak terlalu besar, serta adanya tabungan rutin.

Baca Juga: Penting, 4 Kebiasaan Finansial yang Perlu Dijaga Setelah Pandemi

Halaman Selanjutnya

3. Berinvestasi Sejak Dini
1 2 3

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest