Follow Us

Penting, 4 Kebiasaan Finansial yang Perlu Dijaga Setelah Pandemi

Wulan - Senin, 29 Maret 2021 | 19:00
4 Kebiasaan Finansial yang Perlu Dijaga Setelah Pandemi, Wajib Tahu
freepik.com

4 Kebiasaan Finansial yang Perlu Dijaga Setelah Pandemi, Wajib Tahu

CERDASBELANJA.ID – Kita semua pasti setuju keadaan pandemi telah menyebabkan tekanan dan ketidakpastian, khususnya pada kondisi finansial.

Untuk itu, banyak orang yang mulai mengubah kebiasaan finansialnya saat pandemi ini. Kebanyakan dari kita, tentunya mengedepankan kebiasaan baru berupa menabung lebih banyak dan mengurangi pengeluaran.

Apalagi, tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin rawan dan meningkat di masa ini. Pasalnya, banyak pelaku usaha yang tidak kuat menahan gejolak ekonomi.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan Perempuan yang Bercerai, 12 Tips Ini Penting!

Tidak hanya itu, bursa saham juga sempat terdampak yang membuat banyak orang beralih memilih investasi pada instrumen fisik seperti emas.

Tidak heran jika banyak kebiasaan finansial baru yang kita lakukan demi mengamankan aset dan kondisi keuangan kita.

Namun saat pandemi ini nantinya mulai mereda, ada beberapa kebiasaan finansial yang masih perlu kita jaga. Beberapa kebiasaan finansial yang perlu dijaga adalah sebagai berikut.

1. Sedikit Belanja dan Banyak Menabung

Bagi sebagian besar orang, masa pandemi ini memang secara natural membuat kita berbelanja lebih sedikit. Hal ini sejalan dengan adanya PHK, penutupan mal, serta pembatasan perjalanan.

Dengan demikian, kita menjadi lebih selektif dalam berbelanja dan hanya berfokus pada kebutuhan dan bukan keinginan. Jika kebiasaan ini terus dijaga, kita akan mendapatkan tabungan dalam jumlah besar saat pandemi melandai.

Selain itu, kita juga memiliki persiapan matang untuk menghadapi keadaan krisis di masa yang akan datang. Bahkan, kita bisa memiliki cukup dana tanpa perlu menambah utang baru.

Baca Juga: Cara Memulai Obrolan Finansial dengan Pasangan, Jangan Gugup

Halaman Selanjutnya

2. Patuhi Rencana Anggaran
1 2 3

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest