CERDASBELANJA.ID – Setelah satu tahun menghadapi pandemi ada banyak perubahan dan adopsi transaksi digital yang terjadi, salah satunya dilakukan oleh DANA.
CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan, sejak awal pandemi DANA meyakini kapabilitas teknologi digital adalah solusi yang dapat diandalkan.
Terutama, untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya di tengah keterbatasan dan dinamika yang begitu cepat.
Untuk mendukung hal ini, DANA terus memperbarui fitur yang dimiliki dan memastikan baik pengguna dapat mengoptimalkan dompet digital untuk berbagai aktivitas, termasuk berbisnis,” ujar Vince dikutip dalam keterangannya, Jumat (19/3).
Baca Juga: Promo 5 Paket Data XL Hemat di Aplikasi DANA, Bisa Buat Sekeluarga
Selama masa pandemi, DANA memantau adanya peningkatan pada geliat pelaku usaha di berbagai bidang.
Hal ini direfleksikan dalam catatan DANA yang menunjukkan pertumbuhan hingga 125% pada mitra usaha yang menggunakan DANA Bisnis dan memanfaatkan QRIS dalam setahun terakhir.
Di sisi lain, tren bisnis selama pandemi juga terbilang unik. Berdasarkan data yang dimiliki DANA, jenis usaha yang banyak didaftarkan melalui DANA Bisnis tidak hanya terbatas pada bisnis kuliner dan artisan.
DANA justru menangkap tren baru di mana mitra DANA Bisnis yang paling banyak bermunculan berkisar pada jenis usaha hobi, seperti toko hobi dan gim, tanaman, hingga jasa.
Tidak hanya itu, DANA juga menghadirkan sejumlah inisiatif untuk membantu pengguna dalam beraktivitas.
Misalnya, DANA menghadirkan DANA Siaga Covid-19 yang bertujuan untuk memudahkan akses pengguna.
Terutama dalam memperoleh beragam informasi edukatif terkait Covid-19, melakukan diagnosis kesehatan secara mandiri, melakukan donasi digital, sampai pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak Covid-19.
Baca Juga: Promo DANA, Beli Emas Pertama Kali Bisa Dapat Cashback Rp30 Ribu
Lewat mini program ini, DANA bekerja sama dengan Kitabisa.com juga berhasil menghimpun donasi digital sebesar Rp580 juta untuk penyediaan APD.
Selain itu, melalui kolaborasi dengan Habitat for Humanity, Kitabisa.com, dan Benihbaik.com, DANA Siap Siaga Covid-19 berhasil mengumpulkan donasi Rp250 juta.
Donasi ini akan digunakan untuk membantu penyediaan tempat singgah layak bagi tenaga kesehatan yang berjuang di garda depan penanggulangan Covid-19.
Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sedikitnya 20 fitur untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan yang muncul, serta ikut mendorong perekonomian nasional, khususnya UMKM.
DANA menyediakan fitur Pendataan Warung yang mendukung kampanye #BelanjadiWarungTetangga yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM.
Melalui fitur ini, pengguna DANA bisa mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan akibat pandemi.
Baca Juga: 4 Keuntungan Belanja Nontunai Saat Pandemi, Aman dan Dapat Cashback
Selain itu, ada juga fitur DANA Delivery yang memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang.
DANA juga dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja.
“DANA berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang tepercaya, ramah dan mudah digunakan, bisa diakses oleh siapa pun, serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” tandas Vince. (*)