Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, UMKM Wajib Tahu

Wulan - Jumat, 05 Maret 2021 | 20:00
Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, UMKM Wajib Tahu
Dok. Tokopedia

Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, UMKM Wajib Tahu

CERDASBELANJA.ID – Masa pandemi ini mendorong banyak orang mencoba bisnis UMKM baru untuk menambah penghasilan.

Tidak sedikit UMKM baru ini yang memasarkan produknya lewat marketplace, salah satunya Tokopedia.

Tokopedia sendiri mencatat adanya peningkatan jumlah penjual di platform-nya dari semula 7,2 juta penjual pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta penjual saat ini.

Baca Juga: Bisnis Skin Care Maska Indonesia, Bidik Tujuan Punya Identitas Khusus

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia akan selalu berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dan mempermudah masyarakat.

Terutama dalam memenuhi kebutuhannya, sampai menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

“Di dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” ujar Ekhel dikutip dalam keterangannya, Jumat (5/3).

Untuk membantu bisnis UMKM, Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis di tahun 2021 ini.

1. Makanan dan Minuman

Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

Untuk menanggapi tren ini, Ekhel menyarankan UMKM untuk bisa menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat. Adapun Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel.

Baca Juga: Dapat Pendanaan, Dimas Beck Siap Bawa Bisnis Kulinernya ke Mancanegara

2. Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh.

Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020.

Peningkatan transaksi ini juga dirasakan oleh Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi. Gentle Hour mencatatkan kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

3. Tanaman dan Alat Berkebun

Ekhel mengungkapkan bahwa berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi.

Hal ini pun terlihat dari adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia.

Menurut Ekhel, hal tersebut juga bisa dijadikan inspirasi usaha untuk UMKM di tahun 2021.

Baca Juga: Cerita Ajeng Pangestu Bisnis Baju Organik Hingga Raih Omzet Rp20 Juta

4. Produk Olahraga

Salah satu ide menarik yang bisa diterapkan oleh UMKM adalah menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer.

Ekhel menjelaskan, beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Para pegiat UMKM bisa memanfaatkan hal ini, serta menjual beragam peralatan olahraga yang digemari masyarakat.

5. Alat Lukis

Di tengah pandemi ini, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers.

Tokopedia juga mencatat peningkatan jumlah penjualan produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery.

“Peningkatannya mencapai hampir 2x lipat selama 2020. Ini juga bisa jadi peluang usaha bagi para UMKM,” tutup Ekhel. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x