CERDASBELANJA.ID – Masa pandemi ini mendorong banyak orang mencoba bisnis UMKM baru untuk menambah penghasilan.
Tidak sedikit UMKM baru ini yang memasarkan produknya lewat marketplace, salah satunya Tokopedia.
Tokopedia sendiri mencatat adanya peningkatan jumlah penjual di platform-nya dari semula 7,2 juta penjual pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta penjual saat ini.
Baca Juga: Bisnis Skin Care Maska Indonesia, Bidik Tujuan Punya Identitas Khusus
External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia akan selalu berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dan mempermudah masyarakat.
Terutama dalam memenuhi kebutuhannya, sampai menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.
“Di dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” ujar Ekhel dikutip dalam keterangannya, Jumat (5/3).
Untuk membantu bisnis UMKM, Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis di tahun 2021 ini.
1. Makanan dan Minuman
Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.
Untuk menanggapi tren ini, Ekhel menyarankan UMKM untuk bisa menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat. Adapun Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras.
“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel.