CERDASBELANJA.ID – Di tengah pandemi ini, ada banyak bisnis UMKM baru yang diluncurkan dan siap bersaing di pasaran.
Namun karena ada banyak persaingan bisnis baru, kita cenderung kesulitan membuat produk terlihat menonjol dan bersaing di pasaran.
Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati mengatakan, ada beberapa cara mudah agar produk bisnis kita siap bersaing di pasaran. Beberapa cara yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
Baca Juga: Catat, Ini 4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kuliner
1. Hitung Harga Balik Modal
Salah satu kunci untuk menarik pembeli adalah dengan memasang harga bersaing. Untuk membuat harga bersaing, kita terlebih dahulu perlu mencatat dan memahami berapa total modal dan pengeluaran untuk menjual sebuah produk kita.
Hal ini penting agar kita bisa menentukan harga titik balik modal untuk produk yang kita jual.
Jangan sampai, harga balik modal yang didapatkan tidak sepadan dengan total modal dan pengeluaran yang kita habiskan.
2. Tentukan Persentase Keuntungan
Untuk bisa menjual produk dengan maksimal, kita perlu melakukan riset harga pasar untuk produk sejenis atau pengganti.
Kemudian, kita bisa menentukan berapa persentase keuntungan yang akan diambil agar harga jual produk tetap dapat bersaing di pasar.
Jangan sampai harga yang kita berikan terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena akan berisiko kehilangan target pasar.