Follow Us

Kenali Apa Itu Asuransi Jiwa Unit Link, Punya Dua Manfaat Berbeda

Wulan - Senin, 15 Februari 2021 | 19:00
Punya Dua Manfaat Berbeda, Kenali Apa Itu Asuransi Jiwa Unit Link
Dok. Allianz Life

Punya Dua Manfaat Berbeda, Kenali Apa Itu Asuransi Jiwa Unit Link

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini ada banyak orang yang sering merasa salah paham dan bingung dengan asuransi unit link.

Asuransi jiwa unit link ini banyak menarik perhatian, karena menawarkan perlindungan sekaligus investasi dalam satu produk.

Apa itu asuransi jiwa unit link? Asuransi jiwa unit link adalah jenis asuransi yang mengombinasikan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan produk investasi.

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia, Punya Manfaat Berbeda

Asuransi unit link merupakan jenis produk asuransi jiwa yang menanggung risiko personal tertanggung. Adapun biaya asuransi diambil dari kumpulan investasi yang dilakukan oleh pemegang polis.

Unit link termasuk ke dalam asuransi yang tergolong asuransi nontradisional. Sebagai sebuah produk asuransi jiwa, pola penanggungannya hampir serupa dengan asuransi jiwa seumur hidup dengan pembayaran terus menerus.

Jadi semakin tua usia kita, pembiayaannya akan menjadi semakin besar, sampai tertanggung mencapai usia 100 tahun.

Secara umum yang membedakan asuransi unit link dengan asuransi biasa, adalah adanya kumpulan unit yang diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi.

Jadi, pemegang polis dalam jangka waktu tertentu perlu menyimpan dana yang disebut dengan top up. Tentu saja investasi ini bertujuan agar nilai uang yang kita simpan akan terus berkembang.

Cara kerja asuransi unit link adalah dengan mengalokasikan sebagian dana untuk biaya perlindungan dan sebagian lainnya sebagai investasi.

Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Asuransi Unit Link

Besaran alokasi dana ini dapat ditentukan sejak awal terjadinya kesepakatan, antara pemegang polis dan penyedia asuransi.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest