Follow Us

Hai Gen Z, Ini 4 Nasihat Keuangan dari Para Perencana Keuangan

Wulan - Selasa, 02 Februari 2021 | 18:00
Gen Z, Simak 4 Nasihat Keuangan dari Para Financial Planner
Kompas.com

Gen Z, Simak 4 Nasihat Keuangan dari Para Financial Planner

CERDASBELANJA.ID – Generation Z atau Gen Z merupakan orang-orang yang lahir antara tahun 1997 sampai dengan 2012. Saat ini, para Gen Z rata-rata berusia 9-24 tahun.

Masa-masa yang dialami olah para Gen Z ini, merupakan masa yang menyenangkan. Pasalnya, kita termasuk masih cukup muda untuk bersenang-senang tetapi cukup tua untuk membuat keputusan sendiri. Namun, umur ini memiliki risiko besar, khususnya di dalam hal keuangan.

Keputusan yang kita buat di usia 20-an, dapat mengarahkan kita untuk membangun kekayaan jangka panjang, ataupun mengarahkan kita pada utang yang besar.

Baca Juga: Finansial Pernah Tak Aman, Ini Cara Rinni Wulandari Atur Keuangan

Perbedaan keputusan ini, bisa berasal dari literasi keuangan yang kita miliki. Sesuatu yang tidak selalu diajarkan saat di sekolah.

Alternatif lain untuk membangun literasi keuangan adalah dengan memainta bantuan perencana keuangan. Namun, meskipun kita belum siap dan memiliki budget lebih untuk mempekerjakan seorang perencana keuangan, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan keuntungan dari nasihat mereka.

Mengutip dari Business Insider, berikut adalah beberapa nasihat keuangan dari para perencana keuangan untuk para Gen Z.

1. Waspadai Utang Berbunga Tinggi

Perencana keuangan dari Gen Y Planning Sophia Bera mengatakan, nasihat penting yang perlu diberikan kepada Gen Z adalah mewaspadai terhadap penggunaan kartu kredit. Tidak hanya itu, kita juga perlu mewaspadai utang berbunga tinggi lainnya.

“Menurut saya, saat ini penggunaan kredit sangatlah mudah. Para Gen Z tumbuh di era penggunaan kartu kredit, mereka juga sering kali melihat orang tua mereka menggunakan kartu kredit. Ini bisa terasa seperti menggunakan uang palsu,” kata Bera.

Tidak hanya itu, peningkatan penggunaan opsi pembayaran digital seperti Venmo, Apple Pay, atau Samsung Pay dapat membuat pengeluaran uang menjadi lebih mudah. Pasalnya transaksi dapat dilakukan dalam waktu sepersekian detik hanya dengan mengeklik tombol.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan ala Susan Bachtiar: Hindari Stres di Luar Negeri

Source : Business Insider

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest