Follow Us

Tips Atur Keuangan ala Susan Bachtiar: Hindari Stres di Luar Negeri

Aghnia Hilya Nizarisda - Rabu, 27 Januari 2021 | 17:00
Tips Susan Bachtiar mengatur keuangan di negeri orang.
MICHAEL ANDREW/DOK.NOVA

Tips Susan Bachtiar mengatur keuangan di negeri orang.

CERDASBELANJA.ID - Ketika sang suami ditugaskan ke luar negeri, aktris Susan Bachtiar memutuskan ikut dan pindah ke negara orang.

Makanya, kini Susan Bachtiar tinggal di luar negeri, tepatnya di China bersama sang suami, Roger van Tongeren dan putra semata wayangnya, Tristan.

Salah satu yang jadi tantangan adalah cara Susan Bachtiar untuk mengatur keuangan keluarga saat tinggal di luar negeri. Tentu, stres karena ini perlu dihindari.

Baca Juga: Rilis Bisnis di Tengah Pandemi, Begini Cara Lesti Kejora Atur Keuangan

"Yang tadinya punya penghasilan, jadi enggak punya. Aku tetap punya kerjaan di Jakarta tapi enggak sebanyak kalau aku tinggal di sana," ujar Susan dilansir dari NOVA belum lama ini.

Pasalnya, kini Susan hanya bisa menerima pekerjaan yang memungkinkannya bekerja jarak jauh. Apalagi dengan kondisi pandemi saat ini.

Selain itu, hal yang pasti adalah penyesuaiaan mata uang. Namanya tinggal di negara lain pasti harus melakukan konversi dan mungkin jadi lebih mahal.

Soal ini, Susan Bachtiar punya tips tersendiri agar perbedaan nilai tersebut tidak terlalu membebani kita. Apalagi jika niat tinggal agak lama.

"Nah, itu jangan jadi patokan dan tiap kali dikurs. Nanti bisa gila dan enggak akan belanja. Ada pengecualiannya.

Kalau aku sih bijak mengatur uangnya supaya enggak stres, jangan konversiin terus ke rupiah. Pengaturan uang sekarang, perlu sebijaksana mungkin," ujar Susan.

Baca Juga: Berhasil Punya Rumah Mewah, Begini Prilly Latuconsina Atur Keuangan

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest