Follow Us

Ini 5 Rekomendasi Resolusi Keuangan yang Perlu Dibuat Tahun 2021

Wulan - Rabu, 20 Januari 2021 | 16:00
Ilustrasi uang tunai. Buruan cek link ini bantuan Rp 2,4 juta bakal cair lagi.
Kompas.com

Ilustrasi uang tunai. Buruan cek link ini bantuan Rp 2,4 juta bakal cair lagi.

CERDASBELANJA.ID – Pada tahun 2020 lalu, pandemi Covid-19 secara cepat meluas di berbagai negara dan menimbulkan situasi yang tidak terduga.

Berkaca dari pengalaman tersebut, tentunya kita perlu membuat resolusi keuangan dengan baik dan cermat untuk tahun 2021.

Tentunya, kita perlu banyak menyimpan uang untuk bersiap menghadapi keadaan yang tidak pasti ke depannya.

Baca Juga: Rekomendasi Promo Kopi 1 Liter Hari Ini, Mana yang Menguntungkan?

Menurut survei yang dilakukan oleh GoCompare Money, resolusi keuangan teratas yang dibuat oleh banyak orang di tahun ini adalah mengurangi pengeluaran, hindari utang, serta menabung lebih banyak untuk masa depan.

Hal ini wajar dilakukan, apalagi karena tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Untuk bersiap menghadapi tahun ini, berikut adalah beberapa rekomendasi resolusi keuangan yang perlu dibuat pada tahun 2021.

1. Kendalikan Pengeluaran

Apabila poin ini dimasukkan sebagai resolusi keuangan tahun 2021, maka kita perlu memahami arus kas dari pendapatan dan anggaran kita di tahun ini.

Salah satu caranya, adalah dengan menghitung berapa banyak pengeluaran pokok yang perlu dibelanjakan setiap bulan. Selain itu, cobalah untuk menahan belanja kepada hal yang tidak penting atau berutang melebihi jumlah gaji.

Untuk mempermudah pengalokasian anggaran, maka kita perlu meluangkan waktu untuk menyusun laporan keuangan. Tentunya, berdasarkan pendapatan dan pengeluaran rutin yang dilakukan. Jangan lupa untuk menulis secara rinci untuk apa saja uang tersebut akan dibelanjakan. Hal ini akan membantu kita dalam merencanakan tujuan finansial ke depannya.

Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Wajib Kenali Dulu Cara Kerja P2P Lending

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest