CERDASBELANJA.ID – Beberapa hari lalu viral sebuah video yang menampilkan pengalaman belanja iPhone 12 di iBox di media sosial.
Yang bikin heboh, pemilik akun merasa belanja iPhone 12 di iBox tidak menyenangkan.
Mengetahui hal itu, Erajaya selaku pemilik gerai resmi produk-produk Apple di Indonesia, iBox menyampaikan klarifikasi.
Baca Juga: Peluang Bisnis Barang Bekas, Ini Tips Agar Bisa Menguntungkan
Seperti dilansir dari Kompas.com, klarifikasi itu terkait video yang beredar di media sosial, seperti TikTok dan Twitter tentang belanja iPhone 12 “tidak menyenangkan”.
"Video pengalaman belanja" yang diunggah oleh akun TikTok @julio.ioio menampilkan pengalaman belanja di iBox Senayan City.
Dalam video tersebut, dinarasikan pemilik akun mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, saat membutuhkan informasi soal iPhone 12 pada Kamis (24/12).
Menurut pemilik akun, pramuniaga di iBox di Senayan City tidak memberikan pelayanan yang baik karena penampilannya.
Atas video yang beredar tersebut, Erajaya pun melakukan penelusuran dengan mewawancarai staf yang terlibat, serta me-review rekaman CCTV pada saat peristiwa terjadi.
Hasilnya, Erajaya mengatakan terdapat perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf iBox dan rekaman CCTV di lokasi toko, dengan isi “Video Pengalaman Berbelanja” yang telah beredar di internet.
Baca Juga: Promo McDonald's Paket Pamer 5, Makan Bertiga Bayarnya Cuma Rp60.909
"Oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi," terang pihak Erajaya, Sabtu (26/12).
Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak Erajaya mengaku belum mendapatkan tanggapan dari akun @julio.ioio.
Erajaya sendiri mengatakan selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan. "Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan ritel Erajaya Group," terang Erajaya.
Berikut adalah kronologis yang disampaikan oleh Erajaya, berdasar rekaman CCTV di iBox Senayan City pada 24 Desember mulai pukul 12.49 WIB:
12.49 PM
Staf iBox Senayan City menyambut customer dengan salam “Hallo, welcome to iBox”, dan kemudian menanyakan produk Apple apa yang dicari.
Staf kami kemudian menawarkan untuk membantu memberikan informasi, namun customer diam saja.
Baca Juga: Promo PSM Alfamart, Belanja Produk dengan Harga Hemat Berlipat
Staf kami tetap mendampingi sampai customer berada di booth iPhone.
12.50 PM
Selama durasi 9 menit 4 detik staf kami terus melakukan probing di booth tersebut, customer menanyakan stok barang, perbedaan iPhone 11 dengan iPhone 12.
Staf kami menjelaskan stok barang yang ada, namun customer masih kurang paham sampai teman wanitanya merekomendasikan iPhone 12 Pro warna Gold.
Staf kami mencoba menjelaskan kembali tentang kondisi stok karena barang yang kemudian diminati (iPhone 12 Pro Max warna Pacific Blue) tidak tersedia.
Staf tetap melayani dan mendampingi customer, sampai akhirnya customer memutuskan memilih iPhone 12 Pro 256GB warna Gold.
12.59 PM
Customer kemudian berpindah ke bagian aksesori. Selama durasi 5 menit staf kami menawarkan berbagai macam aksesori pelengkap, dari casing sampai temperedglass.
Baca Juga: Bisnis Alat Makan Keramik, Carramica Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah
Awalnya customer ingin mencari casing clear, namun karena stock tidak tersedia customer memutuskan untuk menggunakan tempered glass Lamina.
13.11 PM
Staf kami membawa unit yang dibeli customer ke meja aktivasi untuk diperiksa oleh bagian aktivasi.
Selama 5 menit 47 detik ke depan adalah proses aktivasi produk.
Staf kami kemudian meninggalkan customer dengan team Lamina karena produk yang telah dibeli akan sekalian dipasang lapisan anti gores Lamina.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Erajaya Tanggapi Video Viral Belanja iPhone 12 "Tidak Menyenangkan" di iBox. (*)