4 Destinasi Jalan-Jalan Favorit Konsumen Gojek Selama Pelonggaran PPKM, Bisa Jadi Inspirasi

Sabtu, 25 Desember 2021 | 20:00
Dok. Gojek

Ilustrasi Gojek

CERDASBELANJA.ID – Seiring dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang relatif membaik, Gojek turut melihat tren baru pada pola mobilitas masyarakat.

Pada masa PPKM Darurat/PPKM Level 4, layanan transportasi Gojek mayoritas dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi ke pasar dan toko swalayan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, serta dimanfaatkan pekerja sektor esensial, terutama tenaga medis.

Namun, kini tren tersebut sudah mulai bergeser. Data internal Gojek, menunjukkan bahwa destinasi perjalanan saat ini sudah kian variatif, tak hanya ke lokasi aktivitas sehari-hari seperti sekolah, kampus ataupun perkantoran, tetapi juga tempat-tempat yang bersifat rekreasional.

Head of Global Marketing Transport Gojek Amanda Parikesit mengatakan, sejak awal Gojek terus berupaya menghadirkan solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat.

“Di dalam situasi pandemi yang relatif membaik seperti saat ini, kami juga senantiasa hadir mengiringi kebutuhan mobilitas masyarakat yang merasa #UdahSaatnya beraktivitas kembali, dan mengejar produktivitas lewat layanan transportasi yang aman dan bisa diandalkan,” ujar Amanda dikutip dalam keterangannya, Jumat (24/12).

Berdasarkan data internal yang tercatat pada layanan transportasi Gojek, berikut aktivitas dan destinasi favorit pilihan para pelanggan Gojek.

Baca Juga: Ini Kode Promo Gojek Desember 2021, Total Diskon Hingga Rp100 Ribu

1. Jalan-jalan di Pusat Perbelanjaan

Sejak PPKM level 1 berlaku, perjalanan menuju pusat perbelanjaan meningkat 22% di bulan November dibandingkan pada bulan Oktober.

Area pusat perbelanjaan atau mal yang paling diminati masyarakat, antara lain Grand Indonesia yang terletak di wilayah Bundaran HI Jakarta Pusat, Lotte Shopping Avenue dan mal lainnya di sekitar Jalan Profesor Doktor Satrio Setiabudi Jakarta Selatan.

Mal di lokasi-lokasi lain seperti Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta Selatan, maupun di area Jalan Letjen S. Parman Tanjung Duren Jakarta Barat, juga banyak jadi pilihan pelanggan.

Memasuki akhir pekan yang cenderung lebih ramai, layanan Gojek kian jadi andalan untuk menuju mal. Pada akhir pekan yang mana penggunaan kendaraan pribadi meningkat dan cari parkir jadi aktivitas yang menyulitkan, layanan transportasi Gojek jadi solusi praktis. Terbukti perjalanan Gojek ke pusat perbelanjaan di akhir pekan meningkat hingga 18%.

Data Gojek menunjukkan, perjalanan ke pusat perbelanjaan, menempati posisi tertinggi kedua di bawah perjalanan menuju hub transportasi publik seperti stasiun kereta.

Untuk memastikan agar perjalanan semakin aman, untuk pergi ke mal pastikan check-in melalui aplikasi PeduliLindungi yang kini dapat pula diakses langsung melalui aplikasi Gojek.

Baca Juga: Bantu Mitra Driver, Gojek Swadaya Kembali Hadirkan Beasiswa Anak Mitra

2. Kongkow Bersama Kolega di Tempat Hits di Pusat Kota

Ternyata tempat-tempat nongkrong yang punya area outdoor dan sirkulasi udara yang baik, semakin diminati oleh pelanggan.

Restoran yang tersebar di bilangan Sudirman, Senayan, dan Senopati menjadi destinasi yang kerap dikunjungi pengguna GoCar, utamanya di akhir pekan mulai pukul 18:00. Dibanding periode-periode sebelum PPKM Level 1, perjalanan menggunakan GoCar ke tempat-tempat tersebut meningkat sebesar 10%.

Kembali bergeliatnya aktivitas di restoran ini, turut diikuti dengan perilaku dan kebiasaan yang menyesuaikan dengan situasi pandemi. Jika sebelum pandemi pemesanan layanan Gojek di tempat ini pada pukul 23:00 ke atas terhitung cukup tinggi, berdasarkan data saat ini, pemesanan dari daerah-daerah ini berkisar hanya sampai pukul 21:00-22:00 WIB.

3. Eksplor Kegiatan di Tempat Outdoor

Pada masa pandemi, kesadaran akan gaya hidup sehat semakin meningkat. Tidak heran, area publik yang bersifat outdoor pun jadi pilihan. Baik berolahraga, jogging, tracking atau sebagai tempat alternatif nongkrong yang lebih aman.

Layanan GoCar L yang memiliki kapasitas hingga 6 penumpang, menjadi armada pilihan untuk bepergian bersama ke tempat seperti ini. Berdasarkan data, titik-titik outdoor favorit adalah kawasan Gelora Bung Karno, Kebun Binatang Ragunan, dan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Kemudian, kunjungan taman-taman kota yang belakangan kembali dibuka untuk umum juga konsisten meningkat 5% dari minggu ke minggu.

Selain itu, ada juga area yang tetap menjadi favorit dari masa ke masa, yaitu Dunia Fantasi Ancol yang bisa jadi pilihan jika ingin pergi ke tempat rekreasi terbesar di Indonesia ini. Pengantaran ke area-area ini meningkat sampai 17% dibanding waktu-waktu sebelumnya.

Baca Juga: Gojek dan TBS Kolaborasi Joint Venture, Hadirkan Kendaraan Listrik

4. Silaturahmi ke Rumah Sanak Saudara

Mengunjungi orang tua, keluarga, dan teman dekat juga menjadi salah satu kegiatan favorit yang tidak pernah dilewatkan menjelang akhir tahun.

Bertemu keluarga, menjadi aktivitas yang menyenangkan, sekaligus menenangkan karena kita bisa turut memastikan bahwa orang yang akan kita temui ini telah menjalani vaksinasi secara lengkap.

Peneliti psikologi sosial dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Dr. Joevarian Hudiyana, M.Si. melihat, dua tahun pandemi telah membentuk sikap baru mengenai penerapan protokol kesehatan ataupun penerimaan terhadap program vaksinasi di tengah masyarakat.

Menurutnya, keberadaan aplikasi PeduliLindungi misalnya, telah berkontribusi membangun persepsi aman bagi masyarakat.

Kewajiban menggunakan aplikasi ini, yang mana syarat awalannya adalah sudah divaksin dosis lengkap, membuat masyarakat merasa lebih tenang karena mengetahui orang-orang di sekitarnya (yang satu area atau satu ruangan), juga sudah terlindungi dengan adanya vaksinasi.

“Ditambah lagi ada norma subyektif yang terbentuk di tengah masyarakat, bahwa situasi pandemi telah membaik dan orang-orang di sekitar sudah merasa aman pula. Dengan demikian, hal ini turut memengaruhi satu individu dengan individu lainnya untuk punya optimisme yang sama,” kata Joevarian.

Baca Juga: Gojek dan PT KCI Kolaborasi, Bisa Pesan Tiket Kereta di Aplikasi Gojek

Melalui pergeseran tren kebiasaan mobilisasi masyarakat, Gojek siap untuk memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman untuk masyarakat. Untuk memastikan agar semakin aman, layanan Gojek Protect+ bisa jadi solusi yang diandalkan.

GoCar/GoRide Protect+ hadir memberikan jaminan layanan dengan higienitas tertinggi. Menjamin mitra driver yang melayani sudah divaksin, adanya sekat pelindung antara bangku penumpang dan driver, Air Purifier Sharp di dalam GoCar yang mampu membasmi 91,3% virus Covid-19 di udara, serta tambahan extension face shield pada kaca helm untuk layanan GoRide.

Tidak ketinggalan, pengguna GoCar dan GoRide dapat memanfaatkan kode promo “GOJEKINAJA” untuk mendapatkan potongan harga. (*)

Baca Juga: Makin Untung, Kini Pengguna Gojek dan Tokopedia Bisa Sambung Akun dan Dapat Gopay Coins!

Editor : Yunus

Baca Lainnya