Jelang Ramadan, Tokopedia Luncurkan Inisiatif Bedug untuk UMKM

Senin, 22 Maret 2021 | 19:00
Dok. Tokopedia

Jelang Ramadan, Tokopedia Luncurkan Inisiatif Bedug untuk UMKM

CERDASBELANJA.ID – Menjelang bulan Ramadan, Tokopedia menghadirkan inisiatif baru yang dapat mempermudah pegiat usaha tradisional dan UMKM lokal.

Salah satu inisiatif baru yang dihadirkan Tokopedia adalah Bersama Dapat Untung (Bedug) Mitra Tokopedia.

Inisiatif ini, dihadirkan untuk mendorong pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong, serta usaha lainnya untuk memaksimalkan penjualan menjelang Ramadan.

Baca Juga: Cara Tidur Berkualitas Diungkap Tokopedia, 5 Tips Bisa Dilakukan

Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo mengatakan, kampanye ini merupakan bentuk apresiasi terhadap jutaan pegiat usaha tradisional.

Terutama, mereka yang telah memanfaatkan platform Mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya.

“Sekaligus semakin semangat dalam melayani masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Karina dikutip dalam keterangannya, Senin (22/3).

Selama periode kampanye pada tanggal 30 Maret sampai 30 April 2021, para pegiat usaha tradisional bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Salah satunya, adalah cashback setiap hari untuk setiap transaksi produk pascabayar di Mitra Tokopedia.

Selain itu, ada juga diskon grosir sebesar Rp500.000 dan bebas ongkos kirim (ongkir) setiap hari, serta kesempatan mendapatkan undian Poin Hadiah sebesar Rp125 juta.

Baca Juga: Dukung UMKM Lokal, Tokopedia Hadirkan Inisiatif Baru Hyperlokal

Di sisi lain, Tokopedia juga akan menghadirkan Kurikulum #SIAPRAMADAN 2021. Kurikulum ini, berisi rangkaian materi edukasi yang bisa diakses para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan selama Ramadan.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati menjelaskan, beragam materi ini disesuaikan dengan tingkatan penjual, yaitu beginner, intermediate dan advance.

“Selain itu, Tokopedia juga menyediakan pendampingan lainnya berupa kegiatan webinar atau talkshow virtual,” papar Pipit.

Ada berbagai materi yang bisa didapatkan penjual, mulai dari tips menarik perhatian calon pembeli, beragam fitur promosi yang bisa dimanfaatkan, cara membuat tampilan toko semakin menarik selama Ramadan, sampai tips terkait branding yang lebih relevan.

Bahkan tersedia materi berkaitan dengan strategi menghadapi persaingan, membuat kampanye dan memilih logistik untuk mendongkrak penjualan selama Ramadan.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Orang tua, Tokopedia Luncurkan Tokopedia Parents

Selain mengikuti Kurikulum Siap Ramadan, para pegiat usaha lokal juga dapat memaksimalkan penjualan dengan mengikuti kampanye Parsel Ramadan mendatang.

Penjual cukup mengunggah produk parsel ke toko, dengan rumus penamaan produk sebagai berikut, Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan.

Melalui rumus ini, produk parsel penjual akan muncul di halaman khusus kampanye. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya