Cara Jaga Kelangsungan Bisnis di Tengah Pandemi, Wajib Tahu!

Rabu, 17 Februari 2021 | 19:00
E+

Cara Untuk Menjaga Kelangsungan Bisnis di Tengah Pandemi, Wajib Tahu!

CERDASBELANJA.ID – Saatpandemi ini ada banyak pengusaha yang perlu strategi lebih jitu untuk menjaga kelangsungan bisnisnya.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati menjelaskan, sebenarnya ada 4 cara mudah yang bisa kita lakukan dalam menjaga kelangsungan bisnis, khususnya di tengah pandemi.

Keempat hal ini bisa diterapkan pemilik bisnis untuk membantu kelangsungan bisnis agar tetap lancar dan tetap aman. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini 6 Keuntungan Promosikan Bisnis Kita di Instagram

1. Prioritaskan Keselamatan dan Kesehatan

Jaga keamanan toko dari penyebaran pandemi Covid-19. Menurut Pipit, kita bisa melakukan berbagai prosedur pencegahan virus di toko atau tempat kita mengemas barang.

Cara yang dilakukan pun beragam, bisa dengan memastikan pegawai rajin mencuci tangan, mensterilkan produk sebelum dikirim dan sebagainya.

Jika sudah melakukan langkah tersebut, kita bisa mengomunikasikan kepada para pelanggan agar mereka merasa aman dan tidak ragu saat berbelanja. Cara mengomunikasikan hal ini pun bisa dilakukan secara langsung, atau dibagikan melalui media sosial dan banner di marketplace.

2. Lakukan Manajemen SDM yang Baik

“Masih berkaitan dengan menjaga keselamatan dan Kesehatan, kita perlu melakukan manajemen SDM yang baik,” ujar Pipit dikutip dari diskusi virtual, Selasa (16/2).

Realisasi manajemen SDM yang baik ini bisa dilakukan dengan menerapkan sistem shift untuk jam masuk kerja karyawan, serta mengizinkan karyawan tidak masuk apabila merasa sakit.

Selain itu, kita juga perlu memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis, serta menyediakan sabun atau hand sanitizer untuk mencuci tangan. Tidak kalah penting, kita juga perlu mewajibkan penggunaan masker di lingkungan kerja, serta mengisi kapasitas ruangan maksimal 50%.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kuliner

3. Eratkan Hubungan dengan Pelanggan

Langkah ketiga adalah mempererat hubungan dengan pelanggan dan calon konsumen. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan secara aktif melakukan promosi atau komunikasi di media sosial atau melalui fitur yang tersedia di marketplace.

Pipit juga menyarankan agar kita bisa memberikan pelayanan pesanan dengan cepat. Termasuk dalam membalas pertanyaan dari para pelanggan.

“Satu hal yang cukup berubah di era pandemi ini adalah pesan dengan nada personal. Penjual bisa mengirimkan pesan personal berisi ucapan terima kasih, karena tetap menjadi pelanggan meskipun di masa yang penuh tantangan ini,” paparnya.

4. Adaptasi dengan Peluang Bisnis Baru

Pipit menjelaskan, kita tidak perlu takut untuk beradaptasi dengan peluang bisnis baru. Penjual perlu memahami kondisi pasar dan mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan atau berkembang di masyarakat.

“Jika diperlukan, kita bisa beralih menjual produk baru atau menambah varian produk baru tersebut sesuai dengan tren yang sedang dibutuhkan,” kata Pipit.

Baca Juga: Cara Sukses Bisnis Kuliner, 3 Kunci Laris Akhirnya Terungkap!

Penjual juga perlu mempelajari perilaku konsumen yang berubah, serta melakukan inovasi produk.

Jika diperlukan, kita bisa beralih lini bisnis ke kategori yang sedang dibutuhkan seperti kesehatan, makanan, hobi dan sebagainya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya