Cara Mudah agar Produk Siap Bersaing di Pasaran, Lakukan 3 Hal Ini

Senin, 15 Februari 2021 | 21:30
iStockphoto

Cara Mudah agar Produk Bisnis Siap Bersaing di Pasar, Buat Tes Harga

CERDASBELANJA.ID – Di tengah pandemi ini, ada banyak bisnis UMKM baru yang diluncurkan dan siap bersaing di pasaran.

Namun karena ada banyak persaingan bisnis baru, kita cenderung kesulitan membuat produk terlihat menonjol dan bersaing di pasaran.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati mengatakan, ada beberapa cara mudah agar produk bisnis kita siap bersaing di pasaran. Beberapa cara yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kuliner

1. Hitung Harga Balik Modal

Salah satu kunci untuk menarik pembeli adalah dengan memasang harga bersaing. Untuk membuat harga bersaing, kita terlebih dahulu perlu mencatat dan memahami berapa total modal dan pengeluaran untuk menjual sebuah produk kita.

Hal ini penting agar kita bisa menentukan harga titik balik modal untuk produk yang kita jual.

Jangan sampai, harga balik modal yang didapatkan tidak sepadan dengan total modal dan pengeluaran yang kita habiskan.

2. Tentukan Persentase Keuntungan

Untuk bisa menjual produk dengan maksimal, kita perlu melakukan riset harga pasar untuk produk sejenis atau pengganti.

Kemudian, kita bisa menentukan berapa persentase keuntungan yang akan diambil agar harga jual produk tetap dapat bersaing di pasar.

Jangan sampai harga yang kita berikan terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena akan berisiko kehilangan target pasar.

Baca Juga: Cara Bikin Bisnis Lebih Untung di Era Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini

3. Lakukan Tes Harga Jual dan Evaluasi

Menurut Pipit, kita tidak perlu takut atau ragu untuk melakukan tes harga ke pasar. Ini bisa dilakukan selama harga jual produk kita sudah meliputi harga balik modal dan keuntungan.

“Setelah itu kita bisa melakukan evaluasi, jika harga produk dirasa terlalu tinggi atau terlalu rendah, bisa disesuaikan kembali,” ujar Pipit dikutip dalam diskusi virtual, Senin (15/2).

Nantinya, apabila harga yang kita tawarkan terlalu tinggi, maka kita bisa mencoba memberikan promosi secara maksimal.

Di sisi lain, Pipit memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk kita.

1. Promosi dengan Sampel atau Contoh

Sebelum melakukan penjualan, kita bisa memberikan beberapa contoh produk kepada beberapa calon pembeli untuk mencoba produk yang kita jual.

Gunakan kesempatan promo ini, untuk mengumpulkan kritik dan saran demi mengembangkan produk yang akan dijual.

Jika dirasa sudah cukup, kita bisa mulai menjual produk dengan harga khusus promo. Tentunya cara ini akan menarik banyak pembeli yang tertarik dengan produk kita.

Baca Juga: Cara Sukses Bisnis Kuliner, 3 Kunci Laris Akhirnya Terungkap!

2. Promosi Produk Kreatif

Kita juga bisa melakukan promosi dengan menambahkan daya tarik lebih untuk produk yang akan dijual.

Jika ingin menghabiskan stok produk, kita bisa menggunakan promo kreatif dengan memberikan promo Beli 1 Gratis 1, Paket Hemat, atau promo Beli 2 Gratis Hadiah.

Pipit juga menyarankan kita bisa memberikan penawaran khusus ini, di dalam kampanye penting yang kerap diadakan marketplace. Misalnya promo di tanggal gajian, tanggal cantik, atau tanggal peringatan lainnya.

3. Promosi Media Sosial

Tentunya promosi ini sudah sangat umum dilakukan semua orang. Melalui promosi khusus di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok, kita bisa mempromosikan produk secara langsung sekaligus memberikan ulasan produk.

Media sosial juga membantu calon pembeli untuk menemukan produk kita dan berbelanja di toko online kita dengan mudah.

Selain itu, promosi di media sosial juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan calon pelanggan. Mereka pun bisa bertanya secara langsung apabila tertarik membeli produk kita. (*)

Tag

Editor : Yunus