Follow Us

5 Tips Bisnis Online Agar Tidak Langgar HKI dan Bisa Laris Manis

Maria Ermilinda Hayon - Rabu, 15 Februari 2023 | 15:30
Tips bisnis online agar tak langar HKI

Tips bisnis online agar tak langar HKI

CERDASBELANJA.ID - Agar jualan laris manis dan aman terkendali, kamu perlu tahu aturan dan tips bisnis online agar tak langgar HKI atau Hak Kekayaan Intelektual.

Tips bisnis online berikut ini bisa jadi senjata buat kamu kembangkan bisnis dengan aman.

Pasalnya, masih belum banyak yang sadar atau belum banyak yang tahu bagaimana cara bisnis online di marketplace dengan mematuhi aturan HKI.

Bahkan, Tokopedia mencatat peningkatan jumlah moderasi toko yang melanggar HKI mencapai lebih dari 2,5 kali lipat.

“Sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menaati aturan terkait HKI agar tidak mengalami penghapusan produk, pelarangan penjualan hingga moderasi toko oleh Tokopedia,” jelas Bagas Dhanurendra, AVP of Risk Management Tokopedia.

Untuk menangani hal ini, sejak Oktober 2022 lalu, Tokopedia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam hal perlindungan KI.

Penandatanganan kerja sama itu menjadikan Tokopedia sebagai marketplace pertama di Indonesia yang berkomitmen mendukung perlindungan KI.

Tokopedia, yang saat ini terdiri dari sekitar 12 juta penjual, membagikan tips bagi para pelaku usaha agar bisa berjualan dengan aman dan nyaman, tanpa melanggar HKI.

Apa saja tips bisnis online agar tak langgar HKI?

1.Hindari menjual produk palsu atau bajakan

Pemilik bisnis online di marketplace khususnya, sebaiknya memastikan keaslian produk yang dijual karena menjual produk palsu/bajakan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HKI.

Baca Juga: 4 Tips Mulai Bisnis Online ala Sapasara Collection, Tertarik Belanja?

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest