Follow Us

Apa itu Paylater? Apa Benar Dipakai Sasat Belanja Tetap Untung?

Yunus - Kamis, 22 Desember 2022 | 13:00
Apa itu paylater
iStockphoto

Apa itu paylater

CERDASBELANJA.ID - Di zaman yang serba online, canggih dan berteknologi rasanya tidak asing dengan fitur paylater atau jika diartikan adalah “bayar nanti” saat dipakai belanja.

Sebenarnya paylater enggak asing untuk pengguna yang belanja pakai kartu kredit, karena konsepnya hampir sama.

Kalau pakai kartu kredit kan memang kita pakai belanja terlebih dahulu, bayarnya nanti saat jatuh tempo. begitu puu paylater.

Perbedaannya, kita harus mendaftar dulu di bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Bisa diterima, bisa juga ditolak.

Paylater muncul untuk menjawab pengguna yang tidak bankable, atau sering sekali ditolak pihak bank karena tidak memenuhi syarat.

Seperti, payroll gaji yang tidak sesuai, atau syarat 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition) pada pengajuan kredit.

Paylater biasanya hadir dalam fitur-fitur terkini hampir di seluruh aplikasi lifestyle, entertainment, transportasi.

Pada dasarnya ingin memudahkan, namun banyak juga yang terjebak dengan fitur paylater.

Jadi sebenarnya bagaimana mindset yang perlu ditanamkan pada fitur paylater? Apakah ini menguntungkan? Atau ini jebakan finansial yang perlu diperhatikan?

Sebenarnya, jika ada fitur terbaru pasti ada sisi baik dan ada sisi buruk, yang penting kita harus memahami terlebih dahulu.

Data dari Coherent Market Insights, sebuah organisasi intelijen dan konsultasi pasar global, menunjukkan kemungkinan adanya laju pertumbuhan pasar paylater secara global.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan DANA PayLater untuk Dapat Uang Pinjaman, Bisa Dipakai Belanja!

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest