Follow Us

Menkes Bakal Buat BPJS Kesehatan untuk Orang Kaya, Perketat Uang Belanja!

Wulan - Minggu, 27 November 2022 | 13:00
Kemenkes bakal membuat BPJS Kesehatan khusus orang kaya, mulai hemat belanja!
DOK. kompas.com

Kemenkes bakal membuat BPJS Kesehatan khusus orang kaya, mulai hemat belanja!

CERDASBELANJA.ID – Masyarakat yang masuk ke golongan menengah ke atas wajib perketat uang belanja karena bakal ada kelas BPJS Kesehatan khusus orang kaya.

Hal ini, hadir sejalan dengan banyaknya beban belanja pengobatan BPJS Kesehatan dari para orang kaya.

Mengutip dari Kompas.com, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan kalau BPJS Kesehatan selama ini harus menanggung beban pengobatan orang-orang yang tergolong kaya.

Untuk itu, ke depannya Kemenkes akan membentuk kelas BPJS Kesehatan tersendiri khusus untuk peserta dari golongan ekonomi menengah ke atas.

Pada tahap awal, kelas yang ada saat ini, yakni kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 akan dihapus total. Sebagai gantinya, pemerintah akan menerapkan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) jaminan kesehatan nasional (JKN).

Sementara itu, untuk kalangan orang kaya, dibuat kelas khusus bernama kelas 1. Tentunya dengan iuran lebih besar dengan imbalan layanan fasilitas yang lebih baik.

"BPJS Kesehatan mau dibikin sustainable memang kelasnya harus standar dan 1. Pasalnya, selama ini kita layani seluruh masyarakat Indonesia dengan menggunakan (konsep) universal health coverage (semua penduduk mendapatkan layanan kesehatan)," tutur Budi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR dengan Menkes yang disiarkan secara virtual, Rabu (23/11).

Budi mengatakan, program BPJS Kesehatan idealnya tidak terbagi dalam kelas-kelas seperti sekarang.

Pasalnya, kelas-kelas yang ada selama ini memberi peluang bagi orang kaya untuk memanfaatkan BPJS Kesehatan yang seharusnya untuk orang kurang mampu.

Untuk itu, bagi peserta BPJS Kesehatan dari kalangan menengah ke atas, iuran BPJS Kesehatan bisa dikombinasikan dengan asuransi swasta, sehingga manfaat tambahan yang didapat juga lebih banyak.

"Untuk nasabah-nasabah yang kaya harusnya menambah dengan kombinasi iuran jaminan sosial BPJS Kesehatan dengan (asuransi) swasta, dan yang bersangkutan harus bayar sendiri," kata Budi.

Baca Juga: Cara Bayar BPJS pakai AstraPay, Modal HP Semudah Belanja Online

Halaman Selanjutnya

1 2

Source : Kompas.com

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest