Follow Us

Kenali UMKM Initial Coffee Roaster, Permudah Belanja Kopi Online Lewat Tokopedia

Wulan - Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:00
Coba belanja Initial Coffee Roaster di Tokopedia, lebih mudah!
Rahma/Cerdas Belanja

Coba belanja Initial Coffee Roaster di Tokopedia, lebih mudah!

CERDASBELANJA.ID – Suka belanja kopi online? Kenalan dulu dengan UMKM lokal Initial Coffee Roaster.

UMKM lokal yang berlokasi di Surabaya ini, menjual beragam jenis specialty coffee agar lebih banyak masyarakat yang kenal dan berminat belanja kopi dengan lebih mudah.

“Misinya ini bagaimana cara memperluas market specialty coffee di Indonesia. Hal yang membuat unik, specialty coffee ini harganya bisa 3x-4x lipat dari harga komersial kopi. Tujuannya agar kita bisa memberdayakan petani lokal,” ujar Pemilik Usaha Initial Coffee Roaster Ivan Hartanto, Selasa (18/10).

Ivan menjelaskan, harga kopi dari 2019-2022 di dunia sudah naik 3x lipat dan selama pandemi tidak menurun malah cenderung naik.

“Pasalnya, meskipun coffee shop tutup, orang ganti belanja di Tokopedia atau di supermarket,” jelas Ivan.

Hal ini, juga terlihat dari data internal Tokopedia yang selama semester I 2022, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, mencapai hampir 1,5 kali lipat.

“Kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori paling laris di Surabaya,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Tren ini, didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan UMKM di berbagai daerah termasuk Surabaya dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satunya, seperti Initial Coffee Roaster.

Initial Coffee Roaster sendiri, didirikan oleh Ivan Hartanto bersama dua rekannya, Kenny Soewondo, dan Kevin Soewondo yang bergerak di industri kopi sejak 2014.

Lewat usaha ini, mereka telah memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa, hingga Papua.

Ivan Hartanto mengatakan, Initial Coffee Roaster berdiri bukan hanya sebagai kedai kopi.

Baca Juga: Jago Coffee dan GoWork Kolaborasi, Belanja Kopi Sambil Kerja Makin Mudah

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest