Follow Us

Tren Traveling Sebelum dan Sesudah Harga Tiket Pesawat Naik, Makin Banyak yang Belanja?

Wulan - Minggu, 02 Oktober 2022 | 22:00
Pegipegi ungkap tren traveling dan belanja tiket sebelum dan sesudah harga tiket pesawat naik
Dok. Pegipegi

Pegipegi ungkap tren traveling dan belanja tiket sebelum dan sesudah harga tiket pesawat naik

CERDASBELANJA.ID – Beberapa waktu lalu, harga tiket pesawat dengan berbagai rute cenderung lebih mahal dari sebelumnya dan menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia, sehingga sangat sedikit orang yang belanja tiket.

Banyak pihak mengeluhkan kondisi tersebut, serta mengharapkan harga tiket turun mengingat intensitas penerbangan rute domestik dan internasional kembali meningkat.

Namun, setelah pemerintah dan maskapai penerbangan mengupayakan penurunan harga tiket pesawat sejak akhir Agustus lalu, harga tiket pesawat mulai menurun dan membuat banyak travelers mulai kembali belanja tiket.

Lantas, seperti apa tren traveling sebelum dan sesudah harga tiket pesawat turun?

Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi Ryan Kartawidjaja mengatakan, sebelumnya Pegipegi melihat peningkatan harga tiket pesawat paling tinggi ada di bulan Juli.

Jika dibandingkan dengan akhir tahun 2021, harga tiket pesawat naik 40% hingga 50%, sedangkan jika dibandingkan pada awal tahun 2022, harga tiket pesawat naik 50% hingga 60%.

Saat isu mahalnya tiket pesawat menjadi perbincangan hangat pada sekitar bulan Juni-Juli 2022, Pegipegi mencatat adanya kenaikan pemesanan tiket kereta api dan bus, serta kendaraan travel masing-masing sebesar 50% jika dibandingkan pada periode Januari-Maret 2022.

Adapun tujuan favorit yang dipilih pelanggan saat memesan tiket kereta api, adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Bekasi, Purwokerto, Surakarta, dan Malang.

Sementara itu, untuk tujuan favorit bus dan kendaraan travel, adalah Jakarta, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, Malang, Bandar Lampung, dan Solo.

Ketika pemerintah dan maskapai penerbangan mengupayakan penurunan harga tiket pesawat, Pegipegi mencatat penurunan harga tiket pesawat di kisaran 5% hingga 15%. Ada juga yang mengalami penurunan harga hingga 25%.

Ryan menjelaskan, hampir seluruh maskapai penerbangan terlihat memberlakukan penurunan harga tiket pesawat, seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Citilink, Air Asia, NAM Air, dan Sriwijaya Air.

Baca Juga: Belanja BBM Naik, Harga Tiket Pesawat Turun? Ternyata Ini Faktanya!

Halaman Selanjutnya

1 2 3 4

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest