Follow Us

Kenali Apa Itu Bank Digital dan Perbedaannya dengan Bank Biasa, Belanja Lebih Mudah?

Wulan - Kamis, 22 September 2022 | 19:00
Kenali apa itu bank digital yang bisa membuat transaksi belanja lebih mudah.
E+

Kenali apa itu bank digital yang bisa membuat transaksi belanja lebih mudah.

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, banyak bank digital yang hadir dan menawarkan kemudahan belanja bagi konsumen.

Beragam bank digital ini memanfaatkan layanan online untuk transaksi belanja nasabah atau transaksi perbankan lainnya.

Tidak hanya itu, layanan bank digital ini juga bisa dengan mudah diakses nasabah secara online, termasuk saat belanja, sehingga nasabah tidak perlu repot-repot ke bank fisik.

Sebelum tahu lebih lanjut, kita perlu mengenali dulu apa itu bank digital dan perbedaannya dengan bank biasa?

Mengutip dari situs Sikapi Uangmu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan definisi terkait bank digital di dalam Peraturan OJK nomor 12/POJK.03/2021.

Di dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa Layanan Perbankan Digital adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.

Layanan ini dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah, dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Dengan demikian, bank digital memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank melakukan transaksi seperti registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan (tarik tunai, transfer dan pembayaran), dan penutupan rekening secara daring.

Selain itu, nasabah juga bisa memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, misalnya seperti nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Layanan bank digital, muncul sebagai respons dari bank umum terhadap perkembangan teknologi informasi dan gaya hidup masyarakat yang memasuki era digital.

Di Indonesia sendiri, bank umum yang sebelumnya memusatkan layanan secara luring (luar jaringan), mulai berinovasi meningkatkan layanan yang bersifat mandiri (self service) dengan memanfaatkan media daring.

Baca Juga: Astra dan WeLab Siap Ubah BJJ Jadi Bank Digital, Belanja Online Lebih Mudah

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular