Follow Us

5 Cara Bagi Waktu Jalankan Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan, UMKM Catat Waktu Belanja

Wulan - Jumat, 16 September 2022 | 13:00
Intip cara bagi waktu antara pekerjaan petap dan usaha sampingan untuk produksi produk belanja.
Dok. Tokopedia

Intip cara bagi waktu antara pekerjaan petap dan usaha sampingan untuk produksi produk belanja.

CERDASBELANJA.ID – Pemilik bisnis UMKM yang memproduksi barang siap belanja wajib tahu, bagaimana cara bagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan.

Tentunya, setiap penjual punya cara bagi waktu sendiri dalam menjalankan pekerjaan tetap dan usaha sampingan berjualan produk belanja online.

Namun, tidak bisa dimungkiri cara bagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan membutuhkan konsistensi yang tinggi agar tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.

Untuk membantu UMKM berkembang, Tokopedia membagikan beberapa cara bagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan.

Tokopedia saat ini menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang mana hampir 100%-nya adalah UMKM lokal dari berbagai latar belakang, termasuk para pegiat usaha yang sekaligus menjalankan pekerjaan tetap.

Tokopedia melalui Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, membagikan lima tips agar UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.

1. Alokasi Waktu dengan Tepat

Membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan, akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dan yang lainnya.

Ekhel mengatakan, “Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli.”

2. Aktifkan Fitur Smart Reply

Fitur ini, dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis.

Penjual bisa menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman, dan spesifikasi produk.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest