Follow Us

Dukung Kebijakan QRIS BI, Belanja di Luar Negeri Bisa Bayar Pakai DANA

Wulan - Sabtu, 03 September 2022 | 22:00
Kini belanja di Thailand dan Singapura bisa bayar pakai QRIS DANA
nstagram.com/dana.id

Kini belanja di Thailand dan Singapura bisa bayar pakai QRIS DANA

CERDASBELANJA.ID – Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) baru saja meresmikan implementasi kerja sama pembayaran belanja berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) dengan Thailand dan Singapura.

Melalui kebijakan ini, kini masyarakat sudah bisa belanja di Singapura dan Thailand dengan bayar menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Implementasi pembayaran belanja menggunakan QRIS di Thailand dan Singapura, tentunya bisa mempermudah konsumen.

Di sisi lain, standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara, telah menjadi agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Selain sejalan dengan komitmen G20, untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Inisiatif ini, juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Terlebih lagi, setelah kepemimpinannya di G20 Indonesia akan melanjutkan estafet kepemimpinan internasionalnya di ASEAN pada 2023.

Di dalam perencanaannya, BI akan terus menambah akses interkoneksi di luar Thailand, termasuk dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.

Menanggapi inisiatif ini, DANA ikut dipercaya oleh Bank Indonesia sebagai satu-satunya penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang turut serta, pada peluncuran implementasi pembayaran kode QR lintas negara, untuk menerapkan pembayaran lintas negara, baik sebagai issuer maupun acquirer.

Oleh karena itu, pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti merchant Bangkok Bank.

Cara belanja pakai QRIS DANA sangat mudah, hanya dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA.

Baca Juga: Daftar Negara yang Layani Bayar Pakai QRIS, Belanja di Luar Negeri Tak Perlu Tukar Uang

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest