Follow Us

Belanja di Thailand dan Singapura Bisa Pakai QRIS, Apa Saja Keuntungannya?

Wulan - Minggu, 04 September 2022 | 09:00
Kini belanja di Singapura dan Thailand bisa pakai QRIS
instagram.com/bank_indonesia

Kini belanja di Singapura dan Thailand bisa pakai QRIS

CERDASBELANJA.ID – Ada kabar baik bagi para pelancong yang suka bepergian ke Thailand dan Singapura karena kini kita sudah bisa belanja pakai QRIS.

Belanja pakai QRIS di Thailand dan Singapura ini, merupakan implementasi kerja sama Bank Indonesia (BI) dengan negara-negara tersebut.

Dengan demikian, kini belanja di luar negeri bisa semakin mudah dan praktis pakai QRIS.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu (BI) meresmikan implementasi kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Indonesia dan Thailand.

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 2021 yang telah berjalan dengan baik dan dilanjutkan dengan fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Melalui inisiatif ini, masyarakat di wilayah Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant.

Lebih lanjut, BI dan Bank of Thailand (BoT) juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara (cross border transfer) melalui fast payment. Kedua bank sentral, akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait inisiatif tersebut.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan, inisiatif tersebut bertujuan untuk menghubungkan pembayaran lintas negara, melalui interkoneksi QR Code nasional antar kedua negara.

Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerja sama, dalam mendorong penggunaan mata uang lokal.

“Inisiatif ini, dipandang dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara, serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas,” jelas Perry dalam keterangannya, dikutip Sabtu (3/9).

Lebih lanjut, Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput menyampaikan, QR cross border memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara, dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan, aman, dan efisien.

Baca Juga: Daftar Negara yang Layani Bayar Pakai QRIS, Belanja di Luar Negeri Tak Perlu Tukar Uang

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular