Follow Us

Kerja Sama dengan Pemerintah, Ini Upaya Tokopedia Dukung UMKM Lokal

Wulan - Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:10
Intip bagaimana upaya Tokopedia memberdayakan UMKM lokal
Dok. Tokopedia

Intip bagaimana upaya Tokopedia memberdayakan UMKM lokal

CERDASBELANJA.ID – Menyambut Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2022, Tokopedia terus berkolaborasi membantu UMKM lokal menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

Misalnya dengan KemenKopUKM RI, Tokopedia telah bekerja sama dengan Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dalam memberikan sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia, Digitalisasi Warung, dan Kelas Akselerasi Digital.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di tanah air.

“Tiga tahun ke belakang berjuang bersama menghadapi tantangan pandemi, kita memahami pentingnya UMKM untuk mengoptimalkan ekosistem digital, bukan hanya untuk bertahan, tetapi pulih dan semakin kokoh sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional,” ujar Teten dalam diskusi virtual, Kamis (11/8).

Teten yakin, peningkatan jumlah UMKM bertransformasi digital akan menjadi fondasi bagi Indonesia untuk dapat mengoptimalkan potensi ekonomi digital, di mana pada tahun 2030 akan mencapai Rp4.531 triliun.

Pada Juni 2022, KemenKopUKM mencatat sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4% dari total UMKM telah hadir pada platform e-commerce.

Di sisi lain, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal, mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Salah satu manifestasinya, yaitu halaman kurasi produk UMKM setempat ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP) berdasarkan lokasi pengguna.

“Deretan inisiatif tersebut berdampak positif. Selama semester I 2022 dibandingkan dengan periode yang sama di 2021, Mempawah, Lampung Barat dan Lombok Utara adalah beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi,” kata VP of Marketplace Tokopedia Yudhiaji Kusuma.

Sebelum merumuskan inisiatif atau inovasi, Tokopedia melakukan riset komprehensif lewat tim yang dipimpin oleh Head of Product and UX Research Tokopedia Jesslyn Siswanto.

Contoh lain dari inisiatif atau inovasi yang sesuai kebutuhan penjual, antara lain pengembangan konten di Pusat Edukasi Seller, fitur Bundling Produk, Banner Toko, serta masih banyak lagi.

Baca Juga: Daftar Promo Ulang Tahun Tokopedia Hari Ini, Ada Diskon Sampai 90%

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest