Follow Us

4 Cara Memberikan Literasi Finansial untuk Anak, Mulai dari Hal Kecil

Wulan - Minggu, 07 Agustus 2022 | 22:00
Simak beberapa cara memberikan literasi finansial untuk anak ala Astra Life.
Dok. Astra Life

Simak beberapa cara memberikan literasi finansial untuk anak ala Astra Life.

CERDASBELANJA.ID – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah perlu memaham finansial agar setiap anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Salah satu bentuk dari pembinaan yang bisa diwujudkan orang tua, adalah melalui edukasi dan penanaman kebiasaan yang positif bagi anak, misalnya literasi finansial melalui kebiasaan menabung untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan di masa depan.

VP, Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life Windy Riswantyo mengatakan, literasi keuangan pada anak tidak hanya mencakup pengenalan akan nilai uang. Namun, bagaimana mengelola secara bijak agar setiap anak bisa mempersiapkan masa depan mereka.

“Sebagai bagian dari industri finansial, kami turut mendukung upaya peningkatan literasi keuangan bagi anak, untuk menciptakan generasi masa depan memiliki pengetahuan dan ketahanan finansial,” jelas Windy dalam keterangannya, dikutip Minggu (7/8).

Masih dalam rangka semangat memperingati Hari Anak Nasional, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) ingin mengajak para orang tua, untuk memberikan pemahaman literasi keuangan bagi anak dan mengetahui manfaatnya.

Sebagai panduan, berikut adalah beberapa cara memberikan literasi keuangan sejak dini pada anak.

1. Berikan Pemahaman Tentang Nilai Uang untuk Cegah Kebiasaan Boros

Setiap anak perlu diajarkan, bahwa uang tidak didapatkan begitu saja. Namun, untuk mendapatkannya perlu dilakukan sebuah usaha terlebih dahulu, misalnya dengan bekerja yang memerlukan pikiran, tenaga, dan waktu.

Anak-anak akan lebih mudah mengerti akan nilai uang, saat mereka juga mengerti usaha yang perlu dilakukan oleh orang tuanya.

Hal ini, juga bisa mencegah kebiasaan boros pada anak dengan mulai menanamkan kebiasaan menabung yang bisa dilakukan secara sederhana dengan celengan.

Baca Juga: Dorong Literasi Keuangan, Tokopedia Bersama BI dan OJK Luncurkan Modul untuk UMKM Lokal

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest