Follow Us

Mulai Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Diberikan untuk Nakes

Wulan - Jumat, 29 Juli 2022 | 14:00
Vaksinasi Covid-19 booster ke-2 mulai diberikan untuk nakes
Dok. Kemenkes

Vaksinasi Covid-19 booster ke-2 mulai diberikan untuk nakes

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mulai memberikan vaksinasi Covid-19 booster ke-2 pada Jumat (29/7).

Penerima vaksinasi booster ke-2 ini difokuskan bagi sumber daya manusia (SDM) kesehatan berjumlah 1,9 juta orang.

Perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan, akhir-akhir ini terjadi peningkatan kembali kasus Covid-19 di Indonesia. SDM kesehatan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Hal ini melalui pertimbangan semakin banyaknya jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19, serta rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) berdasarkan surat nomor ITAGI/SR/11/2022 tanggal 27 Juni 2022.

Untuk itu, diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan.

Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan.

Surat edaran ini, dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan penyelenggara layanan imunisasi, baik pemerintah maupun swasta, dalam melakukan vaksinasi Covid-19 booster ke-2 bagi SDM kesehatan.

Dengan demikian, seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 booster ke-2 bagi SDM kesehatan mulai Jumat (29/7).

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster ke-2 ini, adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat Atau Emergency Use Authorization (EUA), dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Baca Juga: Dukung Kebijakan Pemerintah, KAI Gencarkan Vaksin Gratis di Stasiun Kereta

Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 tersebut, diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest