Follow Us

BPOM Minta Es Krim Haagen Dazs Ditarik Karena Diduga Mengandung Etilen Oksida, Ini Daftar Efek Buruknya

Yunus - Kamis, 21 Juli 2022 | 08:00
Es krim Haagen Dazs termasuk favorit banyak orang.
DOK. INSTAGRAM @HAAGENDAZS_US

Es krim Haagen Dazs termasuk favorit banyak orang.

CERDASBELANJA.ID – Siapa yang tak kenal dengan merek es krim Haagen Dazs? Penyuka makanan beku pasti tahu dong produk ini.

Selain memiliki cita rasa yang enak, es krim Haagen Dazs yang diimpor dari luar negeri juga cukup populer.

Tapi kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) minta es krim Haagen Dazs ditarik dari peredaran, untuk varian rasa tertentu yang diimpir dari Perancis.

Kabar ini tentu bikin penyuka es krim Haagen Dazs jadi khawatir, meski tujuannya memang untuk keselamatan konsumen juga.

Seperti dilansir dari Kompas.com, karena diduga mengandung Etilen Oksida (EtO) dengan kadar melebihi batas, BPOM minta importir menarik es krim merek Haagen Dazs rasa vanila asal Perancis.

"Untuk melindungi masyarakat, Badan POM menginstruksikan importir untuk melakukan penarikan dari peredaran terhadap kedua produk Es Krim Rasa Vanila merek Haagen-Dazs tersebut dan memperluas penarikan ke jenis kemasan lainnya, yaitu bulkcan (9,46 L)," demikian bunyi keterangan tertulis BPOM melalui laman resminya, Rabu (20/7).

BPOM mengatakan, informasi tersebut diterima Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (Inrasff) pada 8 Juli 2022.

Informasi itu berasal dari European Union Rapid Alert System for Food and Feed (EURASFF) tentang ditemukannya Etilen Oksida (EtO) dengan kadar melebihi batas yang diizinkan oleh Europea Union (EU) pada produk es krim rasa vanila merek Haagen Dazs.

Baca Juga: Viral! Es Krim Cornetto BT21 Dijual di Tokopedia dan Shopee dengan Harga Selangit, Ini Tanggapan Fans BTS

Sementara itu, pada 8 Juli 2022, Singapore Food Agency (SFA) memerintahkan importir untuk melakukan penarikan produk tersebut.

Source : Kompas.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest