Follow Us

2 Cara Memperkuat Branding Bisnis UMKM, Jurus Jitu dari Shopeepay

Wulan - Sabtu, 02 Juli 2022 | 21:00
Inilah beberapa cara memperkuat branding bisnis UMKM
GROWTH CENTRE

Inilah beberapa cara memperkuat branding bisnis UMKM

CERDASBELANJA.ID – Shopeepay baru saja meluncurkan buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay” yang berisi banyak tips, termasuk cara memperkuat branding bisnis UMKM.

Buku panduan UMKM ini, merupakan hasil kolaborasi Shopeepay bersama ukmindonesia.id, untuk mendukung geliat pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dan bangkit pasca pandemi, lewat berbagai cara memperkuat branding bisnis UMKM.

Di dalam rangka mengedukasi pelaku UMKM tentang cara memperkuat branding bisnis UMKM, Shopeepay menggelar sesi diskusi virtual bersama Maulana Hakim selaku CEO TEGUK Indonesia dan dr. Shirley Oslan selaku Founder Mad for Makeup.

Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa cara memperkuat branding bisnis UMKM ala Shopeepay dan pegiat usaha.

1. Branding Sebagai Pembeda dan Sarana Bercerita bagi Bisnis

Menurut Maulana Hakim, branding atau identitas merek suatu usaha merupakan komponen penting yang patut dipahami oleh setiap pelaku bisnis. Pasalnya, branding dapat menjadi tombak senjata suatu bisnis dalam bersaing di pasar yang penuh akan kompetisi.

Maulana menjelaskan, branding yang kuat akan memberikan suatu bisnis sebuah ciri khas atau pembeda yang akan membantu konsumen untuk mengingat usaha tersebut. Pada akhirnya, berpotensi memunculkan kesetiaan pada merek tersebut.

“Pembeda yang kuat sangat dibutuhkan di tengah ramainya kompetisi, jadi harus dipastikan branding yang dibuat untuk usaha kita berbeda dengan kompetitor dan menampilkan serta menonjolkan berbagai elemen yang menjadi ciri khas usaha kita,” jelas Maulana.

Selain sebagai elemen pembeda suatu bisnis, Maula pun menjelaskan bahwa branding memberikan kesempatan bagi suatu usaha untuk menceritakan kepada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan lebih jauh lagi.

Ia menuturkan, pelaku UMKM harus memperhatikan betul pilihan dari berbagai elemen yang digunakan saat mengonsepkan branding usahanya.

Baca Juga: Sobat Shopee, Ini 4 Tujuan Branding dalam Bisnis yang Penting untuk Diketahui dan Jangan Sampai Disepelekan!

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest