Follow Us

Mudahkan Pelanggan, Kini Belanja Produk Bata Bisa Dilakukan Lewat Website dan WhatsApp

Nana Triana - Senin, 20 Juni 2022 | 17:00
Mudahkan Pelanggan, Kini Belanja Produk Bata Bisa Dilakukan Lewat Website dan WhatsApp
Dok. Bata

CERDASBELANJA.IDSaat ini, berbelanja secara online sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, banyak brand berlomba-lomba melakukan inovasi digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan belanja online yang mudah dan menguntungkan.

Salah satu brand yang berinovasi menghadirkan layanan belanja online adalah Bata. Brand alas kaki yang berdiri sejak 1894 tersebut melakukan pembaruan pada website www.bata.id dengan menambahkan fitur pemesanan secara online.

Country Manager Bata Indonesia Ajay Ramachandran mengatakan pembaruan tersebut dilakukan karena ekosistem bisnis di Indonesia semakin berkembang ke arah digital. Perkembangan ini mengikuti negara-negara di Eropa, di mana 25-30 persen dari bisnis alas kaki berlangsung secara digital.

“Untuk itu, Bata terus melakukan inovasi agar dapat memberikan para pelanggan kami pengalaman berbelanja secara digital yang mudah, menyenangkan, dan memberi keuntungan,” jelas Ajay dalam keterangan resmi yang diterima Cerdasbelanja.id, Selasa (14/6/2022).

Melalui website Bata, kata Ajay, pelanggan bisa menemukan berbagai koleksi sepatu, sandal, tas, dan aksesori, baik untuk pria, wanita, maupun anak-anak. Bahkan, beberapa koleksi yang ditawarkan bersifat eksklusif sehingga tidak akan ditemukan di toko offline Bata.

"Ada sekitar 20-25 persen dari produk-produk Bata yang dijual di website Bata, serta toko resmi Bata di e-commerce, koleksi eksklusif tersebut hanya terdapat secara online," katanya.

Pelanggan juga bisa berbelanja lebih hemat dan mendapat berbagai keuntungan dengan mendaftarkan diri menjadi anggota Bata Club untuk menikmati loyalty program.

Apalagi, berbelanja produk Bata melalui website pun lebih mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran, mulai dari pembayaran transfer melalui bank hingga pembayaran dengan kartu kredit dan e-wallet.

Tak hanya melalui website Bata dan e-commerce, pengalaman belanja online juga dihadirkan Bata melalui Bata Chatshop di aplikasi WhatsApp. Untuk mengakses layanan ini, pelanggan bisa mengunjungi tautan bit.ly/chatshopbata untuk berbicara dengan manajer Chatshop dan melakukan pemesanan.

Untuk setiap pemesanan melalui Chatshop Bata, pelanggan bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir) sebesar Rp 10.000 dan Rp 25.000 dengan minimal pembelanjaan masing-masing Rp 199.000 dan Rp 400.000.

Apabila mengalami kendala saat pemesanan, pelanggan juga bisa menghubungi customer service Bata lewat pesan WhatsApp di nomor +6221-5086-4211 atau mengirimkan email ke alamat id.customerservice@bata.com.

Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online, Bata juga melakukan inovasi digital untuk layanan pembelian di toko offline dengan menerapkan omnichannel platform.

Omnichannel platform mengintegrasikan toko Bata di seluruh Indonesia dalam satu platform secara online untuk memudahkan pelanggan mendapat produk yang ingin dibeli melalui toko Bata di wilayahnya.

“Saat ini, Bata menerapkan omnichannel platform dengan sistem Salesforce dan Oracle. Omnichannel platform diberlakukan di 200 toko Bata di seluruh Indonesia sehingga masyarakat Indonesia sampai ke kota-kota kecil dan pelosok dapat membeli produk Bata yang sesuai dengan keinginannya,” tambah Ajay.

Terkadang, pelanggan ingin membeli suatu produk, tetapi nomor atau warna yang diinginkan tidak tersedia di toko offline yang dikunjungi. Dengan omnichannel platform, pihak toko bisa mengecek ketersediaan produk yang diinginkan pelanggan di toko-toko Bata lain di seluruh Indonesia.

Apabila produk tersebut tersedia di toko Bata lain, pelanggan tetap dapat melakukan pembelian di toko tersebut. Produk yang dipilih nantinya akan dikirim melalui bantuan jasa ekspedisi ke rumah pelanggan.

Tak hanya inovasi digital, koleksi alas kaki di Bata juga disesuaikan dengan situasi pandemi yang semakin kondusif. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah seiring situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Saat Mulai tahun ini dan seterusnya, Bata akan fokus menyediakan ke produk-produk formal yang dapat dikenakan pelanggan saat ke kantor, ke pesta pernikahan, dan acara formal lainnya. Bagi pelanggan perempuan, Bata juga menghadirkan produk sepatu formal, lengkap dengan koleksi tas tangan yang senada.

"Selain itu, karena health dan wellness telah menjadi sesuatu yang penting saat ini, maka kami juga fokus ke penyediaan walking shoes, running shoes, dan outdoor shoes,” ujar Ajay.

Sementara untuk kategori Bata Kids, Bata akan terus melanjutkan kerja sama dengan Marvell dan Disney untuk menghadirkan koleksi alas kaki yang lucu dan digemari oleh anak-anak.

Untuk mendapatkan informasi seputar koleksi terbaru dan program-program promosi dari Bata, follow akun Instagram resmi Bata @bataindonesia dan Facebook @BataIndonesia.

Editor : Wandha Nur Hidayat

Latest