CERDASBELANJA.ID – Tokopedia terus berupaya membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan dan sukses di pasar nasional dengan gudang pintar Dilayani Tokopedia.
Dilayani Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia berperan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia Samuel Simanjuntak menjelaskan, pihaknya mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I-2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatra Utara ke Kabupaten Merauke, Papua.
“Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan, juga meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ungkap Samuel dalam diskusi virtual, Rabu (8/6).
Dilayani Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari.
Pada kuartal I 2022, pengiriman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli.
Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia pada kuartal I-2022 adalah Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga.
Dilayani Tokopedia membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.
Data internal Mei 2022 menunjukkan, bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia, meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan Dilayani Tokopedia.
Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Omzet Usaha Online, Ikuti Strategi Jitu Tokopedia
Amazara dan Toko Kopi Gayo merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia dan merasakan dampak positif.
Amazara selaku UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017. Kini, Amazara memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta dan Surabaya.