Follow Us

Perbandingan Sistem Pembayaran Indonesia dan Amerika Serikat, Mana yang Lebih Maju?

Wulan - Rabu, 08 Juni 2022 | 22:00
Ilustrasi Mesin ATM
pexels.com/Liliana Drew

Ilustrasi Mesin ATM

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan unggahan warga negara asing (WNA) yang memuji sistem pembayaran di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Indonesia.

Di dalam video yang diunggah di TikTok, WNA tersebut memuji fasilitas ATM yang menerima pembayaran untuk berbagai jenis tagihan.

Misalnya seperti transfer antarbank, pembayaran listrik, air, BPJS, pulsa, tiket pesawat, bahkan sampai isi saldo e-wallet.

Ia mengaku sangat terkesan dengan sistem pembayaran di ATM Indonesia. Pasalnya, menurut wanita tersebut sistem pembayaran ATM di Amerika Serikat (AS) hanya melayani penarikan dan mengecek jumlah saldo saja.

Hal ini pun menuai banyak respons positif dari warganet dan menganggap sistem pembayaran di Indonesia sudah lebih maju dari AS. Lalu, bagaimana faktanya?

Mengutip dari Kompas.com, mesin ATM di AS memang tidak menyediakan layanan transfer. Segala jenis transaksi, hanya bisa dilakukan melalui pihak ketiga, yakni aplikasi transfer uang.

Beberapa contoh aplikasi yang populer di Amerika adalah PayPal, Venmo, Zelle, dan CashApp.

Namun, kita tidak bisa menyimpan uang di aplikasi-aplikasi tersebut seperti e-wallet atau dompet digital.

Pengguna hanya boleh mengirimkan uang, ketika aplikasi sudah disambungkan dengan rekening bank.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai Saldo Gopay Lewat ATM BCA, Tidak Perlu Kartu ATM!

Selain itu, berbeda dengan Indonesia, transaksi transfer di AS dengan menggunakan aplikasi membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa sampai ke rekening tujuan.

Dikutip dari CNBC, aplikasi pembayaran Venmo dan CashApp membutuhkan waktu 1-3 hari untuk sekali transfer, sedangkan untuk transaksi melalui PayPal, waktu yang dibutuhkan adalah 1 hari kerja.

Source : Kompas.com

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest