Follow Us

6 Cara Memutus Rantai Sandwich Generation dari OCBC NISP, Bisa Bebas Stres

Wulan - Sabtu, 11 Juni 2022 | 18:00
Ilustrasi sandwich generations
iStockphoto

Ilustrasi sandwich generations

CERDASBELANJA.ID – Pernah merasakan baru saja gajian tapi dalam sekejap uang sudah habis? Bukan karena kita belanja online atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Malahan kita harus membiayai orang tua, keluarga, dan anak yang harus kita bantu kebutuhannya. Terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak, memang sangat mirip dengan makanan sandwich. Alhasil, orang-orang yang berada di posisi ini sering disebut dengan sandwich generation.

Masuk ke jajaran sandwich generation memang tidak mudah untuk dijalani, akan susah untuk mengatur keuangan karena menafkahi banyak orang bersamaan. Belum lagi membayar kebutuhan seperti cicilan, biaya pendidikan anak, perawatan orang tua, kebutuhan pribadi, dan masih banyak lagi.

Kita pasti bisa stres ketika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, selain karena beban finansial yang berat, kita juga harus menyeimbangkan peran untuk merawat orang tua dan juga anak.

Walaupun kita masuk ke dalam generasi sandwich sekarang ini, tentu kita juga bisa memutus rantai generasi sandwich untuk masa depan anak-anak kita.

Secara terperinci, berikut adalah cara memutus rantai sandwich generation ala OCBC NISP yang bisa dicoba.

1. Mengelola Penghasilan dengan Bijak

Kita bisa memakai rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10 untuk mengelola gaji. Menggunakan rumus ini, kita bisa membagi penghasilan kita menjadi 50% untuk kebutuhan seperti bayar cicilan, tagihan, belanja bulanan, dan lainnya.

Kemudian, sebanyak 30%-nya kita bisa masukkan ke bagian untuk hiburan dan keinginan, lalu sisanya 10% untuk kita tabung.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan rumus 40/30/20/10, kita bisa atur 40% untuk kebutuhan, 30% untuk kewajiban, 20% untuk di tabung, dan 10% untuk berdonasi atau kebaikan lain.

Baca Juga: Astra Life Ungkap 5 Tipe Sandwich Generation, Apa Saja Perinciannya?

2. Catat Keuangan

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest