CERDASBELANJA.ID – Ada beberapa keuntungan dengan belanja online di e-commerce seperti Shopee misalnya.
Dengan belanja online di Shopee, kita bisa menikmati fitur pengembalian barang ketika produk yang sampai tak sesuai.
Paket tak sesuai yang dimaksud seperti paket tidak sampai, produk tidak lengkap/ kosong, dan lainnya.
Bentuk ganti rugi dalam fitur pengembalian barang di Shopee ini bisa berupa tukar barang dengan jenis yang sama, atau pengembalian dana.
Proses ongkir (ongkos kirim) untuk pengembalian barang di Shopeeakan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee.
Nah ketika memilih untuk mengembalikan barang, kita harus mengirim kembali barang tersebut ke toko tempat kita belanja.
Cara kirim paket untuk pengembalian barang di Shopee mudah, kita cukup mengirim dengan menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee.
Ada dua jasa kirim yang didukung Shopee dalam fitur pengembalian barang di Shopee ini, yaitu J&T dan Alfatrex.
Jasa kirim J&T berlaku untuk dimensi paket panjang 50cm x lebar 50 cm x tinggi 50cm dengan berat maksimal 50 kg.
Baca Juga: Yuk Jadi Konsumen Bijak! Ketahui Cara Pembelian Pakai Shopee COD
Sedangkan jasa kirim Alfatrex berlaku untuk dimensi paket panjang 100cm x lebar 100cm x tinggi 100cm dengan berat maksimal 20 kg.
Kita harus mengirimkan paket yang akan dikembalikan langsung ke alamat pengembalian Penjual atau Gudang Shopee (untuk pembelian dari Shopee Mall).
Produk harus dikirim melalui jasa kirim yang didukung Shopee dalam waktu lima hari sejak pengajuan pengembalian barang.
Selanjutnya, produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh tim Penjual/Gudang Shopee dalam waktu 3-5 hari kerja.
Setelah paket yang dikembalikan diperiksa dan disetujui, pengembalian dana akan diproses oleh Shopee.(*)