Follow Us

3 Cara Menjaga Keuangan Tetap Stabil Setelah Lebaran, Belanja Secukupnya

Wulan - Minggu, 22 Mei 2022 | 19:00
Ilustrasi Cekpremi.com
Dok. Cekpremi.com

Ilustrasi Cekpremi.com

CERDASBELANJA.ID – Momen mudik Lebaran untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri telah usai, aktivitas sehari-hari pun sudah berjalan normal.

Berbagai pengeluaran selama Lebaran kerap tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang, sehingga sering menguras kantong.

Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang seharusnya bisa disisihkan untuk kebutuhan setelah Lebaran, biasanya habis tak bersisa.

Untuk itu, Cekpremi.com menekankan pentingnya melakukan evaluasi dan pencatatan uang yang dikeluarkan selama momen Lebaran.

Melalui evaluasi ini, akan diketahui apakah pengelolaan keuangan dilakukan secara baik, atau kondisinya buruk sehingga perlu diperbaiki.

Associate Vice President Cekpremi.com Ziko Goi menjelaskan, fenomena yang sering kali terjadi seusai Lebaran, yakni kondisi finansial seketika menjadi berantakan.

Tidak jarang orang kehabisan uang setelah Lebaran. Beberapa kesalahan yang banyak terjadi pada momentum Idul Fitri, adalah tidak adanya perencanaan keuangan sejak awal, tidak bisa memetakan skala prioritas, serta tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

“Harus ada alokasi dana untuk perlindungan di masa depan, seperti tabungan dan dana darurat,” ungkap dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (19/5).

Sebagai pandan, Ziko memberikan sejumlah cara menjaga keuangan tetap stabil Lebaran, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: 4 Cara Atur Uang untuk Pekerja Baru, Waspada Terjebak Perilaku Konsumtif

1. Membuat Pos Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui seluruh pengeluaran yang digunakan untuk momen Lebaran, cek semua dana yang dimiliki, untuk mengetahui berapa uang yang tersisa.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest